YANA SURYANA: “RIBUAN SANTRI AKAN KIRAB DI KABUPATEN BANDUNG”

283
Ketua FKDT Kecamatan baleendah, H. Yana Suryana, S.Pd.i. ( fpto/ saufat endrawan/opininews.com )
Ketua FKDT Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, H. Yana Suryana, S.Pd.i. ( foto/ saufat endrawan/opininews.com )

img-20161020-wa0007

OPININEWS.COM, BANDUNGRibuan santri direncanakan akan berkumpul untuk kirab, pada Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2016, yang akan digelar di Lapanngan Bola , Desa Bojongmalaka, Kecamatan Baleendah, Kabupaten, Sabtu ( 22/10/2016 ).

Santri yang akan hadir berasal dari perwakilan masing-masing madrasah diniyah, yang ada di Kabupaten Bandung.  Kegiatan ini. Kegiatan diprakarsai oleh Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) bekerjasasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten bandung.

Menurut rencana kegiatan ini, akan dihadiri oleh Mantan Bupati Bandung, Obar Sobarna, yang pada saat kemepimpinanya dulu, membuat peraturan daerah (Perda) dimana  setiap siswa SD/Diniyah yang akan masuk SMP/MTS/  harus mampu baca dan tulis Al Quran.

Dengan program ini, Obar Sobarna juga telah memperhatikan para ustadz/ ustadzah yang mengajar ngaji di setiap madrasah mendapatakan inseptif darai pemerintah Kabupaten Bandung.

Hingga saat ini, para Ustadz/ Ustadzah masih merasakan perhatian dari pemerintah, dengan menganggarkan hingga kepemimpinan Bupati bandung yang sekarang, Dadang M Naser.

Hal ini juga diakui oleh Kepala Desa Malakasari, Atep Rusmana. Menurut, Atep, di desanya ada sekitar 13 Madrasah Takmiliyah, dengan jumlah santri sekitar 800 santri.

“Dengan Perda tersebut, alhamdulilaha memberikan kepercayaan kepadaMadrasah yang ada dilingkuna desa kami darai orangtua untuk menitipkan putra dan putrinya belajar agama di Madrasah yang ada di Desa Malakasari,” ujar Atep, kepada OPININEWS.COM, di Bandung, Kamis (20/10/2016).

Sementara itu, Ketua FKDT Kecamatan Baleendah, H. Yana Suryana, S.Pdi, mengatakan, Peringatan Hari Santri Nasional yang akan digelar di Kabupaten Bandung ini, mengacu kepada Surat Kemenag Kabupaten Bandung,kepada Pimpinan Pondok Pesantren, Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah dan kepada para Lembaga Pendidikan Al Quran, dihimbau untuk melaksanakan kegiatan Memperingati Hari Santri Nasional, yang ditandatangani oleh, Dah Saepullah.

“Diharapkan dengan adanya Kegiatan Hari Santri Nasioanal, yang akan digelar di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, semakin memperkokah keimanan dan ketaqwaan para santri, semakin memperkokoh jiwa Negara Kesatuan Republik Indonesia,” harap Yana. ( Saufat Endrawan )