Komisi B DPRD Kabupaten Bandung Study Banding ke Kota Palembang

0
173

OPININEWS.COM, PALEMBANG  –  Belasan anggota Komisi B DPRD Kabupaten Bandung beserta pendamping lakukan study banding  ke Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) minggu lalu,  dengan tujuan mempelajari  mengenai pendapatan asli daerah (PAD) dibidang pariwisata dan pengelolaan Stadion Jakabaring. Hasil dari study banding tersebut,  akan dijadikan acuan bagaimana cara pengelolaan Stadion si Jalak Harupat yang berada di Kutawaringin, Soreang, kabupaten Bandung

Menurut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bandung, yang juga anggota Komisi B  DPRD, Yayat Hidayat, kepada opininews.com, di Palembang, mengatakan, hasil kunjungan ini, ada cara yang baik yang dapat ditiru oleh Pemerintah kabupaten Bandung, dimana pengelolaan Stadion Jakabaring telah dikelola oleh pihak ketiga, dimana SKPD membentuk badan usaha milik daerah (BUMD) untuk mengelolanya.

“Dengan membentuk BUMD yang khusus mengelola Stadion Jakabaring, maka stadion bisa terawat dengan baik, dan akan mengurangi pengeluaran dana dari APBD untuk membiayai  operasional,” jelas Yayat.

Dan kedepan, pengelolaan Stadion si Jalak Harupat, tutur Yayat, bisa dikelola seperti di Stadion Jakabaring, dimana pemerintah Kabupaten Bandung membentuk BUMD untuk mengelolanya. Sehingga pengeluaran dana untuk pemeliharaan darai APBD kabupaten Bandung akan berkurang.

Yayat yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Kabupaten Bandung ini, menambahkan, setelah melakukan kunjungan ke Stadion Jakabaring, rombongan  melakukan kunjungan ke Musium  Sriwijaya, Jembatan Ampera,dan  UKM Songket Palembang,

“Hasil study banding nantinya akan dibahas dengan dinas terkait, mana yang bisa dilaksanakan mana yang tidak bisa dilaksanakan pengelolaanya. Intinya, pengelolaan UKM dan objek wisata yang ada di kabupaten bandung sudah saatnya dikelola secara maksimal dan dapat menjadi sumber PAD,” jelas Yayat.

Saat ini, jelas Yayat, pengelola Stadion Jakabaring tengah disibukan untuk mempersiapkan SEA Games 2018 mendatang. ( Saufat Endrawan )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here