Jack Brown Dipastikan Akan Gabung Timnas Indonesia

405

OPININEWS.COM – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) belakangan berusaha memulangkan pemain keturunan Indonesia yang saat ini berada di luar negeri untuk membela Timnas Indonesia. Salah satu yang menjadi bidikan adalah kiper muda Juventus, Emil Audero Mulyadi.

Akan tetapi, Emil yang merupakan kiper blasteran Italia-Indonesia (ayahnya orang Indonesia bernama Edi Mulyadi dan ibunya berasal dari Italia) tampaknya mengindikasikan menolak bergabung dengan Timnas Indonesia dan lebih memilih membela Italia.

Hal itu diketahui setelah kiper ketiga Juventus tersebut mengunggah foto bersama skuat Gli Azzurri melalui akun Instagram pribadinya. Dalam posting-annya, Emil menambahkan emotikon bendera Italia, lambang jempol dan emoji tersenyum lebar.

Namun, apa yang dilakukan oleh Emil Audero tampaknya tak mau diikuti oleh pesepakbola muda keturunan Indonesia lainnya, Jack Brown. Pemuda 15 tahun tersebut secara tegas menyatakan akan memenuhi panggilan PSSI untuk membela Timnas Indonesia di level umur U-16.

“Rilisnya sudah keluar yah, saya sempat ditelepon tapi belum dapat surat resmi, jadi masih saya tunggu surat resmi dari PSSI karena trial Jack ke Timnas bersamaan dengan pertandingan Jack ke Glasgow ISFA U15 vs Celtic and Desert Rangers,” ujar Indah Brown yang merupakan Ibu Jack Brown Dikutip Dari Indosport.

“Jack sudah ambil keputusan mau ikut trial bersama Timnas, tapi itu harus dengan surat dari pemerintah untuk dikirim ke ISFA,” jelas Indah Brown.

Jack sendiri saat ini tengah mengikuti program Independent Schools Football Association (ISFA) Team England Representative U-15, sebuah program yang mendukung pengembangan anak-anak berbakat di sepakbola, yang berafiliasi langsung dengan FA atau induk sepakbola Inggris.

Jack juga dikabarkan tengah menjalani tes di sebuah akademi klub kasta ketiga Liga Inggris, Southend FC dan runner up Piala Liga Inggris tahun 2011, Birmingham City.

Nama Jack Brown mulai dikenal secara luas setelah dirinya berhasil menyabet gelar penghargaan ‘The World Final Skill Test 2012 MU Soccer School’ sebagai siswa terbaik di Akademi Manchester United.

Saat Jack dinobatkan sebagai pemenang di ajang penghargaan tersebut, Jack sempat menerima pujian dari Sir Alex Ferguson, yang saat itu masih menjabat sebagai pelatih. Ferguson kian terkesima setelah mengetahui jika Jack berasal dari Indonesia. ( Resa Anugerah Suryadharma )