H. Dagus, S.Ip Pimpin Gerakan Pemuda Pancasila Peduli Lingkungan dengan Pungut sampah

361
H. Dagus, S.Ip pimpinan gerakan Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Bandung pedili sampah di Cangkuang, Kabupaten Bandung, Sabtu (25/2/2017). (foto/ saufat endrawan/opininews.com)

OPININEWS.COM / BANDUNG — Permasalahan sampah yang berasal dari rumah, dan industri di Kabupaten Bandung hingga, Senin (27/2/2017) tak mampu ditangani oleh Dinas Lingkungan (LH) Kabupaten Bandung. Padahal anggaran besar sudah digelontorkan dari Pemkab Bandung, termasuk anggaran yang berasal dari restribusi sampah sampah yang dibayarkan oleh masyarakat.

Tidak hanya itu, hingga saat ini, sudah ada sekitar 80 unit kendaraan truk sampah yang dimiliki, namun pada kenyataanya kondisi armada truk sampah dalam keadaan banyak rusak dan tidak layak pakai.

Kendaraan banyak yang rusak, memicu sampah di wilayah Kecamatan Katapang, Soreang, Margahayu, Banjaran, Cangkuang serta Kecamatan Ciparay serta beberapa kecamatan lainya terlihat sampah berserakan disepanjang jalan protokol, pasar serta TPS dadadakn.

Melihat kondisi penanganan yang kurang maksimal, Pemuda PancaSila (PP) Kabupaten Bandung ikut pediui terhadap lingkungan. Salahsatu upayanya melakukan gerakan pungut sampah yang diawali di wilayah Nagrak, Kecamatan Cangkuangg, Kabupaten Bandung.
Puluhan anggota Pemuda Pancasila, dikerahkan oleh MPC Pemuda Pancasila kabupaten Bandung untuk menjaga lingkungannya, berawal dengan memungguit sampah yang berserakan gunakan roda bak sampah. Gerakan ini, akan dilakukan secara serentak di 31 kecamatan se Kabupaten Bandung.

Ketua Bidang Organisasi MPC Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Bandung, H. Dagus, S.Ip, kepada opininews.com, di Bandung, (25/2/2017) mengatakan, terlibat dalam menjaga lingkungan dan lakukan aksi pungut sampah sudah menjadi agenda Pemuda Pancasila pada tahun 2017. “Pemuda Pancasila peduli lingkungan, dan lakukan aksi pungut sampah disetiap kecamatan di Kabupaten Bandung sudah hasil kesepakatan dalam rapat kerja PP Kabupaten Bandung, yang harus segera dijalankan ” jelas Dagus.

Pemuda Pancasila, papar Dagus, akan mendukung program Bupati Bandung, Dadang M Naser, dalam raksa desa, dan Sabilulungan dalam menjaga kebersihan dan lingkungan. Karena kebersihan kata Dagus, sebagaian daripada iman. ( Saufat Endrawan)