Kejar Piala Adipura Pemkab Bandung benahi Empat Kecamatan

339

OPININEWS.COM / BANDUNG – Untuk mengejar penghargaan dan Piala Adipura, dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, menunjuk 4 Kecamatan sebagai titip pantau penilaian,

Keempat titik pantau penilaian tersebut, Kecamatan Soreang, Katapang, Margahayu dan Kutawaringin.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Bandung H. Dadang M Naser, SH.,M.Ip kepada opininews.com, di Bandung, Sabtu (11/3/2017). Sementara rapat koordinasi dan evaluasi Adipura telah dilakukan di Bale Sawala Soreang, Kamis (9/3).

“Empat Kecamatan ini akan menjadi titik pantau pada penilaian adipura. Penilaian capaian kinerja meliputi aspek kebersihan, sampah terolah, pengoperasian tempat pemprosesan akhir, dan ruang terbuka hijau (RTH). Penilaian tersebut, mewakili kondisi keseluruhan sarana dan prasarana yang dipantau, yakni sistem manajemen di bidang pengelolaan sampah dan RTH,” ungkapnya.

Untuk aspek RTH lanjut Dia, aspek yang dinilai meliputi sebaran dan fungsi peneduh, penataan dan perawatan RTH, keanekaragaman hayati, kemudahan akses dan fungsi serapanair.

Sebagai program dengan lingkup nasional, untuk mewujudkan wilayah yang berwawasan  lingkungan, menuju pembangunan berkelanjutan, Bupati menuturkan, Adipura ini bertujuan untuk mendorong kepemimpinan Pemkab dan membangun partisipasi aktif masyarakat.

“Program ini bertujuan untuk membangkitkan kepemimpinan dan membangun partisipasi aktif masyarakat juga dunia usaha untuk mewujudkan wilayah yang berkenajutan secara ekologis, sosial dan ekonomi,” pungkas Bupati.

Mekanisme dalam penilaian program adipura, kata Bupati akan dilakukan berdasarkan 3 ketentuan, yakni pemantauan awal, tahap verifikasi atau pemantauan yang dilakukan untuk mengevaluasi nilai capaian kinerja pada pemantauan sebelumnya.

“Ketentuan kedua yakni dengan periode pemantauan berjalan dan kondisi faktual wilayah yang dilakukan Tim KLHK,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati menyebutkan terdapat 60 orang kader lingkungan yang nantinya akan di sebar di 4 Kecamatan. Ia berharap, dengan dilakukannya program ini, peningkatan kinerja pengelolaan dan mekanisme mengenai lingkungan bisa berdampak bagi kehidupan masyarakat Kabupaten Bandung.

Penghargaan adipura kata Bupati, meliputi Adipura Buana untuk Kabupaten/ Kota yang memiliki kinerja pengelolaan lingkungan yang baik. Penggabungan unsur sosial dengan lingkungan untuk membentuk wilayah layak huni, tercermin dari masyarakat yang peduli lingkungan.

Sementara lanjutnya, kategori Adipura Kirana untuk kinerja pengelolaan yang menggabungkan  lingkungan sosial, ekonomi, transparansi, akuntabilitas, mandiri dan tanggungjawab. Sedangkan Adipura Paripurna diberikan pada Kabupaten/ Kota yang memenuhi syarat sebagai wilayah berkelanjutan dan merupakan penghargaan tertinggi.

“Yang ketiga yakni Bhakti Adipura diberikan pada Tokoh perseorangan yang berkontribusi tinggi dalam pengembangan dan penerapan Adipura secara nasional, sedangkan sertifikat adipura diberikan pada yang memiliki peningkatan kinerja pengelolaan lingkungan yang signifikan,” kata Dia. ( Saufat Endrawan )