Maman Sudrajat Buka Lomba Olympiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten Bandung

397
Kabid TK/SD Dinas Pendidikan (Disidik) Kabupaten Bandung, Drs. H. Maman Sudrajat, berharap peserta OSN mata lomba IPA dan Matematika mampu berprestasi hingga tingkat nasional. (foto/saufat endrawan/opininews.com)

OPININEWS.COM / BANDUNGSebanyak 186 Siswa Sekolah Dasar (SD) berprestasi se Kabupaten Bandung, mengikuti lomba Olympiade Sains Nasional (OSN) tahun 2017,  untuk mata lomba Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

OSN tahun 2017 tingkat Kabupaten Bandung, di laksanakan di Ruang Kelas SDN Angkasa III, Sulaiman, Margahayu, dibuka oleh Kepala Bidang (Kabid) TK SD dan Informal Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, Maman Sudrajat, Sabtu kemarin.

Sebanyak 186 siswa yang ikut dalam OSN tingkat kabupaten Bandung, siswa yang mewakili 31 kecamataan se Kabupaten Bandung. Setiap kecamatan mengirimkan masing-masing untuk OSN Matematika tiga siswa dan  Matermatikan tiga siswa, sehingga setiap kecamatan mengirimkan enam siswa terbaiknya hasil seleksi.

Kabid TK/ SD Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, Maman Sudrajat, kepada opininews.com, berharap, siswa yang lolos tiga besar untuk masing-masing mata lomba, nanti dapat berprestsai pada tingkat Jawa Barat serta nasional.

“Karena banyak siswa SD di kabupaten Bandung, sebelumnya mampu membawa nama harum kabupaten Bandung untuk olympiade sains hingga tingkat asia, seperti siswa asal SD di TKI, Margahayu Kabupaten Bandung,” jelas dia,

Dan diharapkan, pada tahun 2017 ini, dapat menjaring siswa terbaik yang mampu kembali mambawa nama harum Kabupaten Bandung.

Bagi siswa yang terbaik, ungkap Mamam, selain akan mendapat penghargaan dan piala, juga akan diberikan uang pembinaan.

Dalam penjurian kali ini, jelas Maman, di kolaborasikan antara juri senior dan junior, mereka memiliki kemampuan yang sama. “Kolaborasi juri senior dan junior ini,  untuk pengkaderan, sehingga penilaian terhadap peserta  akan transparan dan professional,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Bandung, Anang Susanto, mendukung langkah yang dilakukan oleh Bidang Pendidikan TK/ SD Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, yang telah mengelar OSN untuk para siswa di Kabupaten Bandung.

“Pembinaan harus dimulai sejak dini, baik cara bersaing yang sehat serta bagaimana siswa mampu meraih prestasi. OSN inilah yang tepat untuk siswa meningkatkan kemampuan ilmu pengetahuaanya dan bagaimanacaranya  untuk memperlihatkan kemampuannya di public,” tegas  Anang. ( Saufat Endrawan )