Hari Jadi PDAM Tirta Raharja ke 40 Bupati Bandung Resmikan Launching Pembangunan SPAM Gamboeng

231
Hari jadi PDAM Tirta Raharja ke 40, digelar Lauching Pembangunan SPAM Gamboeng di Perkebunan Gambung, Rancabali, Kabupaten Bandung, Selasa (4/4/2017)/ (foto/saufat endrawan/opininews.com)

OPININEWS.COM / BANDUNG – Hari jadi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja ke 40 dan Hari Air Sedunia 2017 digelar berbagi kegiatan. Kegiatan tersebut diantaranya Launching Spam Gamboeng, dimana dalam waktu dekat PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung akan membangun SPAM dengan kapasitas air 400 liter per detik. Spam dibangun di wilayah Desa Sadu, Kecamatan Soreang, dengan sumber air baku yang berasal dari PPTK Gambung.

SPAM Gamboeng yang dibangun nanti, merupakan upaya PDAM Tirta Raharja dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terutama masyarakat yang berada di Kecamatan Soreang, Margasih Kabupaten Bandung serta Daeran lainnya seperti Kota Cimahi.

Pencanangan projek ini langsung oleh Bupati Bandun, Dadang M Naser, Wakil Bupati, disaksikan Gungun Gunawan, Dirut PDAM Tirta Raharja, Rudie Kusmayadi, Mantan Bupati Bandung, Obar Sobarna,  Anggota DPRD Kabupaten Bandung, Direksi serta Pengawas dan unsur Muspida. Serta ratusan karyawan PDAM yang ada di kantor cabang.

Bupati Bandung, Dadang M Naser, kepada opininews.com, dI Gambung, Pasir Jambu, mengakui sangat mendukung perusahaan air minum milik Kabupaten Bandung ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan sumber air bersih, yang berasal dari aliran sungai yang berasal dari Gunung Tilu, Gambung.

“Artinya dengan ada sumber air baru, maka debit air PDAM akan bertambah, dengan membangun SPAM Gamboeng, yang dimanfaatkan tidak hanya untuk melayani sambungan baru di wilayah Kabupaten Bandung, namun juga melayani kebutuhan warga Kota Cimahi,” ungkap Dadang.

Dadang juga berharap, masyarakat sekitar Gambung harus mendukung proyek SPAM Gambung, karena demi kepentingan masyarakat untuk mendapatkan air bersih. Dan masyarakat ikut menjaga lingkungan sumber air Gambung demi kepentingan  umum.

Sementara itu, pada kegiatan peninjuan lokasi sumber air bersih di Desa Mekarsari, Kecamatan Pasir Jambu, Bupati dan Wakilnya, Dirut PDAM Tirta Raharja, Direktur PPTK Gambung serta DPRD dan Muspida melepas bibit ikan juga melepas burung dan menanam pohon sebagai tanda kepedulian PDAM Tirta Raharja dalam kepedulian lingkungan.

Dirut PDAM Tirta Raharja, Rudie Kusmayadi, menuturkan, pembangunan SPAM Gambung, merupakan bukti PDAM Tirta Raharja ingin selalu  memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk mendapatkan air bersih.

Dengan pembangunan SPAM  ini, lanjut Rudie, target Kedepan dapat menyerap 32.500 sambungan rumah (SR) baru di Wilayah Kabupaten Bandung, dan 7500 SR di Kota Cimahi. Dan keluhan masyarakat tentang air bersih bisa dikurangi. ( Saufat Endrawan )