Dody: Gerakan Bu Netty Tanam Cabai Harga di Pasaran mulai Turun

195
(foto/saufat endrawan/opininews.com)

OPININEWS.COM / BANDUNG – Menanggapi gerakan PKK Jabar mengajak warga tanam Holtilkultura, diantaranya tanam cabai di pekarangan rumah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar Dody Firman Nugraha, kepada opininews,com, di Bandung, Kamis (13/4/2017) menambahkan, gerakan optimalisasi pemanfaatan pekarangan menjadi pembelajaran bagi masyarakat. Dia berharap masyarakat bisa memanfaatkan potensi di lingkungannya masing-masing.

‘’Masyarakat Jabar harus mulai kurangi ketergantungan kepada pasar. Dengan demikian, tidak akan lagi terjadi fluktuasi harga cabai yang sempat mencapai Rp 150 ribu per Kilogram,’’ katanya. Dengan gerakan ini, tutur Dody, harga komoditas cabai dan bawang bisa lebih terjaga karena tidak ada yang memainkan pasaran.

Kata Dody, Setelah gerakan tersebut bergulir selama empat bulan, harga cabai mulai turun dari yang sebelumnya menembus Rp 150 ribu per Kg, kini di kisaran Rp 100 ribu. Di tingkat petani, harga cabai sekitar Rp 45 ribu hingga Rp 85 ribu.

Pihaknya optimistis, tak menutup kemungkinan harga cabai akan kembali normal di kisaran Rp 30 ribu – Rp 40 ribu jika program terus digulirkan. Ketika pasokan berlimpah dan ketergantungan masyarakat terhadap pasar berkurang, maka harga cabai akan turun. ( Saufat Endrawan )