Tata Irawan Pimpin Anggota BPBD Bersihkan Sampah di Trotoar dan Komplek Pemkab Bandung Menyambut Ramadhan tiba

0
131
Kepala BPBD Kab. Bandung, Drs. H. Tata Irawan S, M.Si beserta puluhan anggotanya bersihkan sampah di trotoar dan komplek Pemkab Bandung, di Soreang, Rabu (24/5/2017). ( foto/ saufat endrawan/ opininews.com )

OPININEWS.COM / BANDUNGSedikitnya 50 kubik sampah yang menumpuk di Komplek Pemkab Bandung, serta trotoar di sepanjang jalan raya Al fathu, serta Soreang – Cipatik, dipungut dan dibersihkan oleh 60 anggota Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Bandung, yang langsung dipimpin  Kepala BPBD Kabupaten Bandung, Drs. H. Tata Irawan Sobandi, M.Si

Sampah yang menumpuk ini, selain membuat lingkungan Pemkab Bandung kumuh, juga membuat trotoar yang ada di pinggir pagar Komplek pemkab tak terurus, dan kini menjadi indah, karena sampahnya sudah diangkut. Sementara ranting dan daun pepohonan dirapihkan hingga menjadi asri.

Tujuan dari pembersihan ini,  kepala BPBD Kabupaten Bandung, Tata Irawan, kepada opininews.com, di Bandung, Rabu (24/5/2017) mengatakan dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1438 H, Anggotanya yang berjumlah 60 anggota dikerahkan untuk membersihkan lingkungan Komplek Pemkab Bandung serta beberapa trotoar yang mengelilingi Komplek Pemkab Bandung.

“Yang dibersihkan oleh anggota BPBD, membersihkan trotoar sepanjang 350 meter dengan lebar 4 meter, menebang pohon ranting di jalur trotoar sebanyak 28 pohon yang menganggu pejalan kaki, membersihkan sampah dan membabat rumput di sekitar trotoar dan seputar gedung kantor BPBD,” jelas Tata.

Setelah dibersihkan terlihat asri dan nyaman, kedepannya lanjut, Tata, dengan dipasangnya kursi di trotoar bisa dijadikan tempat berkumpul masyarakat, dan bisa digunakan untuk ngabuburit, dengan suasana bersih, sejuk dan rindang.

Tata juga mengakui, pihaknnya melakukan kegiatan bersih sampah dan menebang ranting yang membahayakan pejalan kaki dan pengguna kendaraan berkoordinasi dengan pihak Dinas PUPR dan Lingkungan hidup.

“Sampah yang terangkut menggunakan truk sampah serta kendaraan bak mini  sekitar 50 kubik,” tandasnya.

Dengan aksi ini, minimalnya dapat diikuti oleh OPD lainnya serta masyarakat. “Dan tujuan dari program Pak Bupati  Bandung, Dadang M Naser, Sabilulungan membersihkan sampah, harus menjadi karakter dan budaya masyarakat kabupaten Bandung,”ujarnya.

Ketua DPRD kabupaten Bandung, Anang Susanto, memberikan pujian terhadap dinas yang bukan bagiannya, namun dengan rasa tanggungjawab, mau melakukan bersih-bersih sampah.

“Ini membuktikan, BPBD telah melakukan rasa tanggungjawab bersihkan sampah, meskipun bukan tanggungjawabnya. Jika semua elemen masyarakat melakukan ini, pasti kebersihan dan keindahan Kota Soreang akan terwujud,” ucapnya.

Saya juga berharap, kepada Dinas Lingkungan Hidup, untuk lebih memaksimalkan fungsi dan tugasnya. “Jangan sampai masih ada sampah yang menumpuk di jalan raya Kopo hingga Soreang, apalagi ruas jalan tersebut jalan utama menuju Pemkab Bandung. Kerahkan petugasnya untuk meminimalis numpuknya sampah,” tandas Anang. ( saufat Endrawan )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here