BLK Disnaker Kab. Bandung Latih Ribuan Warga Pencari Kerja

389
Kepala UPT BLK Disnaker Kabupaten Bandung, Dartika, S,Tp, MM. (foto/ saufat endrawan/opininews.com)

Penulis: Saufat Endrawan

OPININEWS.COM / BANDUNG – Keberadaan Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bandung, telah berhasil membina ribuan warga berusia produktif untuk memiliki berbagai keterampilan agar mampu hidup mandiri dan berdaya saing.

Di BLK Disnaker Kabupaten Bandung yang berlokasi di Mangahang, Bale Endah ini ratusan pemuda diberikan pelatihan keterampilan tata boga, service hand phone, service komputer serta menjahit oleh para tenaga profesional.

Kepala UPT BLK Disnaker Kabupaten Bandung, Dartika, kepada opininews.com, di Bandung, Senin (12/6/2017), mengatakan, empat paket kejuruan kegiatan pelatihan di BLK tersebut dilaksanakan sejak tanggal 4 – 24 Mei 2017.

“Intinya, di BLK Disnaker Kabupaten Bandung, Mangahang, Bale Endah, sejak bulan Mei hingga Juni 2017 padat kegiatan untuk membentuk pemuda berusia produktif agar mampu mandiri, dan berdaya saing dengan memiliki berbagai keterampilan sesuai yang diamanatkan oleh Pak Bupati Bandung, Dadang M Naser,” jelas Dartika.

Pada tahun 2017 ini, lanjut Dartika, BLK Disnaker Kabupaten Bandung, akan melaksanakan pelatihan 12 paket kegiatan keterampilan Institusional dan 92 paket kegiatan MTU kepada 2.080 warga Kabupaten Bandung dari berbagai kecamatan.

Ribuan warga tersebut, Tutur Dartika, akan dilibatkan dalam 12 paket dan 92 kegiatan MTU. Setiap paket kegiatan pelatihan akan diikuti 20 warga pencari kerja yang berusia 18 tahun hingga 35 tahun. Sehingga jumlah keseluruhan yang mengikuti pelatihan keterampilan mencapai 2.080 orang.

Kegiatan ini, kata Dartika, akan dilaksanakan kembali setelah Idul Fitri mendatang. “Dengan dilaksanakan pelatihan keterampilan kerja ini, akan mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Bandung, karena warga berusia produktif telah memiliki keterampilan untuk bersaing didunia usaha,” harap Dartika.

Seorang Warga Bale Endah, Jajang Nurjaman (20), mengakui Dengan mengikuti pelatihan keterampilan kerja di BLK banyak manfaatnya, jika kita dengan tekun dan serius mengikutinya.

“Setelah mengikuti pelatihan service hand phone, saya kini telah membuka konter service hand phone dan sudah mampu mempekerjakan sebanyak tiga pegawai,” aku Jajang. ( SFT )