Tampil Impresif, Maung Bandung Hajar PS TNI

113

OPININEWS.COM/SOREANG – Maung Bandung akhirnya mengakhiri rekor buruk sulit menang mereka usai melumat PS TNI di pekan 18 Liga 1 2017. Febri Hariyadi dan kawan-kawan mengandaskan The Army dengan skor 3-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (5/8) malam lewat gol dari Raphael Maitimo (2 gol) dan Michael Essien. Sedangkan tim tamu cuma bisa diperkecil oleh Sansan Fauzi di menit-menit akhir pertandingan.

Butuh kemenangan untuk bangkit dari situasi terpuruk, Maung Bandung tampil dengan kekuatan terbaiknya. Cuma posisi Vladimir Vujovic yang absen diganti oleh Wildansyah sebagai tandem dari Achmad Jufriyanto. Sedangkan di depan, hadirnya Febri Hariyadi sebelum kembali ke timnas membuat ketajaman di sisi kanan mulai kembali terlihat.

Sedangkan PS TNI turun dengan komposisi seadanya mengingat sejumlah pemain kunci absen. Cuma Hong Soon Hak, pemain asing yang ditampilkan Ivan Kolev sejak menit pertama sedangkan Elio Martins hanya duduk di bangku cadangan. Erwin Ramdani yang di laga sebelumnya mampu mendulang gol tidak bisa tampil karena akumulasi kartu kuning.

Babak Pertama

Maung Bandung benar-benar tampil trengginas untuk meraih 3 poin setelah tak bisa menang di 5 partai terakhir. Permainan tempo tinggi diperagakan dan peluang bisa mereka peroleh di menit 8. Umpan sepak pojok Febri Hariyadi meluncur ke mulut gawang dan mampu ditanduk oleh Achmad Jufriyanto yang maju membantu serangan. Sayang sundulannya tidak mengarah ke gawang dan menyamping tipis di sisi kanan.

Usaha Persib untuk membuka kran gol pun akhirnya terlaksana pada menit 16 lewat striker dadakan, Raphael Maitimo. Bermula dari aksi Kim Jeffrey dia melepas operan pada Febri di sisi kanan dan melewati Agil Munawar yang coba melakukam tackle. Crossing datar pun dilepas Febri yang tak bisa dipotong Teguh Amirudin dan Maitimo tanpa usaha keras membelokan bola ke gawang.

Persib kembali mengancam lewat sepakan bebas Atep di menit 19 dari sektor kanan pertahanan PS TNI. Berada jauh dari gawang, sang kapten langung menempatkan bola ke arah gawang alih-alih memberi umpan kepada reka setimnya. Hal itu pun sempat membuat kiper lawan kaget namun bola masih bisa ditip dan hanya menghasilakn sepak pojok.

Namun peluang Persib tidak berhenti sampai disitu. Justru Persib mampu menggandakan keunggulan menjadi 2-0 di menit 21 ketika Michael Essien sanggup mencatatkan namanya di papan skor. Set piece dari sisi kiri pertahanan TNI yang diambil Febri mengarah tepat ke arah Essien. Tandukan jitu marquee player itu pun mengoyak jala Teguh Amirudin

Essien nyaris mencetam gol keduanya pada menit 30 ketika mendapat peluang emas satu lawan satu dengan kiper. Bermula dari kerjasama segitiga dia dengan Kim serta Maitimo, Essien mengecoh Safri Al Irfandi di kotak penalti. Sayang sepakan kerasnya bisa dihentikan dengan refleks sempurna Teguh. Skor 2-0 pun menutuo babak pertama di Si Jalak Harupat.

Babak Kedua

Selepas restart, Persib terus melancarkan serangan ke gawang PS TNI dengan porsi yang stabil. Hasilnya Henhen Herdiana pun nyaris mencetak gol pertaman usai dapat peluang emas satu lawan satu dengan kiper TNI. Sayang penyelesaian akhir bek kanan muda itu masih buruk sehingga mentah karena mengarah tepat ke penjaga gawang.

PS TNI pun bukan tanpa peluang, Sansan Fauzi sempat membuat bench Persib terhenyak di menit 52 lewat aksinya. Bola terobosan dari lini kedua lepas dari kawalan bek Persib dan Sansan berduel dengan I Made Wirawan. Made yang keluar dari sarangnya gagal menghentikan bola tapi Achmad Jufriyanto bisa mengamankan gawang berkat clearancenya tepat di garis.

Maung Bandung kembali menambah keunggulan menjadi 3-0 pada menit 64 lewat Raphael Maitimo. Akselerasi Febri di sisi kanan dilanjutkan dengan umpan silang akurat ke kotak penalti disambut sundulan Maitimo untuk membuat Teguh Amirudin memungut bola dari gawang untuk ketiga kalinya. Gol ini menjadi gol kedua Maitimo di laga ini dan assit ketiga dari Febri.

Tidak mau terus tertinggal, PS TNI coba memperkecil kedudukan melalui sepakan Yus Arfandi di menit 76. Serangan balik cepat dilancarkan pasukan TNI dari Hong Soon Hak yang merangsek dari sektor tengah. Sodoran pun diberikan pada Yus yang bergerak di sisi kanan dan mengecoh Tony Sucipto. Sayang sepakannya gagal berbuah gol karena hanya melaju deras ke sisi gawang Made.

PS TNI akhirnya mampu memperkecil kedudukan menjadi 3-1 lewat gol Sansan Fauzi di menit 89. Berawal dari pergerakan Elio Martins, bola dioper pada Gustur Cahyo yang melepas sepakan datar ke gawang Persib. Bola sempat diamankan Made tapi tidak sempurna sehingga bola liar mampu dimaksimalkan oleh Sansan untuk mengoyak jala Maung Bandung. Skor 3-1 pun menjadi penghias papan skor di SJH.(reza)

source : simamaung