Wabup Ajak Warganya Menjaga Sungai Citarum Tetap Bersih

84

Wartawan: Saufat Endrawan

OPININEWS.COM / BANDUNG – Wakil Bupati Bandung, Gun Gun Gunawan bersama Pangdam III/ Siliwangi, Dinas Lingkungan Hidup, LSM, dan para pelajar melakukan Apel Karya Bhakti Citarum Bestari di lapangan Yon Zipur III/ Dayeuhkolot Kabupatem Bandung, Jumat (8/9/2017).

Apel tersebut merupakan kegiatan pembuka gerakan bersih-bersih Sungai Citarum yang dilakukan oleh masyarakat dengan pemerintah sebagai aksi lanjutan program Citarum Bestari (Bersih, Sehat, Indah, Lestari).

Program yang dicanangkan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan sejak tahun 2013.

Wakil Bupati Bandung, Gun Gun, kepada opininews.com, mengatakan, program Citarum Bestari merupakan program lingkungan untuk pembentukan masyarakat _Ecovillage_ di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum yang membutukan prioritas nasional diantara sungai-sungai yang ada di Indonesia.

“Permasalahan sungai Citarum harus melibatkan kerjasama antara semua pihak, baik masyarakat, pemerintah, maupun dinas terkait,” tegasnya.

“Untuk masalah Citarum, dari awal sudah kami sampaikan harus turun semuanya, karena sungai ini tidak hanya milik Kab. Bandung, tapi juga milik provinsi dan nasional,” ujar dia.

Gun Gun menuturkan,  permasalahan ini juga bukan sebatas pada penanggulangan sampah, tetapi juga terkait dengan urusan penegakan hukum untuk mereka yang membuang limbah cair di sungai.d

Diakuinya, permasalahan tersebut masih belum memiliki titik temu.

Meski demikian, lanjutnya, pemerintah tetap mendorong dilakukannya upaya penegakan hukum serta dukungan masyarakat untuk ikut serta mengawasi dan memelihara kawasan DAS Citarum di beberapa kecamatan, baik di anak sungai, maupun hulu sungainya.

Sementara dalam sambutannya di Apel Karya Bhakti Citarum Bestari, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M. Herindra mengajak semua elemen masyarakat, baik pemerintah provinsi maupun kabupaten, untuk bersama-sama membersihkan sungai Citarum.

”Tidak hanya bagus di apelnya saja. Saya ingin hasil diakhir nanti. Tidak ada gunanya kita apel bagus kalau Citarum masih kotor,” ucapnya.

Menurutnya, Air merupakan sumber kehidupan manusia sehingga kita harus bertekad, bekerja keras agar harapan kita membuat Citarum menjadi indah dan bersih akan terwujud. ( sft )