Cara Mengemat Baterai Hand Phone

52

Penulis: Shabrina A Endrawan

Foto: Dok. Indy 100

OPININEWS.COM / JAKARTA – Penggunaan gadget yang berlebihan tentu akan membuat baterai pada smartphone anda menajdi cepat habis. Hal itulah yang menyebabkan anda harus mengisinya berulang kali.

Demi menghemat penggunaan baterai smartphone, anda pun perlu melakukan sejumah trik. Sehingga baterai anda tahan lama dan tidak mengganggu aktivitas ada sehari-hari.

Dinukil dari laman PC World, ada sejumlah cara yang bisa anda gunakan agar baterai dalam smartphone anda tidak cepat habis. Dengan begitu, anda bisa menggunakannya sepanjang hari tanpa perlu mengisinya berulang-ulang.

Singkirkan Aplikasi yang Boros

Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk terus menghemat baterai smartphone adalah dengan menyingkirkan sejumlah aplikasi yang dikenal lebih banyak menghisap baterai anda. Ada beberapa aplikasi yang memang sepanjang waktu terus menghabiskan baterai anda, untuk itulah coba singkirkan sejumlah aplikasi tersebut.

Nyalakan Power Saving Mode

Hal lainnya yang bisa anda lakukan untuk menghemat baterai smartphone anda adalah dengan mengaktifkan fitur peghemat baterai. Caranya anda bisa menyalakan Device Maintenance> Battery. Dengan menggunakan power saving mode ini, maka anda bisa membuat baterai anda lebih tahan lama.

Hindari Notifikasi

Banyak dari kita yang senang untuk menggunakan notifikasi melalui smartphone. Hal ini memang bagus untuk memberikan anda peringatan tentang informasi apa yang baru, namun hal ini juga sekaligus membuat baterai pada smartphone anda lebih cepat habis karena banyak terkuras energi.

Resolution

Pakailah resolusi yang agak rendah. Dengan begitu energi yang perlu dikeluarkan tidak terlalu tinggi. Selain itu, penggunaan resolusi yang tinggi hanya akan membuat baterai anda cepat habis.

Layar

Pastikan bahwa smartphone yang anda gunakan tidak memiliki tingkat kecerahan yang begitu tinggi. Hal ini akan menjadikan baterai akan lebih banyak tekuras sepanjang waktu.

Always Display-On

Jangan biarkan layar anda terus menyala, karena hal ini akan membuat baterai anda cepat terkuras.

Matikan Fitur Asisten

Jika anda menggunakan smartphone yang memiliki fitur asisten digital di dalamnya, ada baiknya ada untuk tidak menyalakannya sepanjang waktu. Hal ini bisa menjadi penyebab baterai anda cepat terkuras.

Matikan Layar

Jangan lupa untuk memastikan bahwa layar anda tidak selalu menyala. Hal ini akan sangat membantu, terutama dalam menghemat baterai pada smartphone anda.(afr) (kem.)