Dede Yusuf: Warga Kab. Bandung banyak menjadi TKW

93
Ketua Komisi IX DPR-RI, Dede Yusuf,ST, M.Si saat berdialog dengan Warga dalam Sosialisasi Peluang Kerja ke Luar Negeri dan Migrasi Aman di Aula Desa Cisondari, Kecamatan Pasir Jambu, kabupaten Bandung, Sabtu (1/4/2017) mengatakan jika ingin menjadi TKW/TKI yang aman harus memiliki skill, menguasai bahasa yang akan dituju juga legal. (foto/saufat endrawan/opininews.com)

Wartawan: Saufat Endrawan

OPININEWS.COM / BANDUNG – Warga Kabupaten Bandung, masih banyak yang berangkat ke luar negeri bukan untuk berlibur, namun menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW).

Ketua Komisi IX DPR dari Fraksi Demokrat, Dede Yusuf M Effendi, kepada opininews.com, di Bandung, Sabtu (7/10/2017) mengatakan Indonesia masih memberangkatkan TKW ke luar negeri juga ke negara Arab Saudi.

Data dari Menteri Tenaga Kerja, pertahunnya TKW yang berangkat ke luar negeri mencapai 80.000 hingga 100.000 TKW.

Dari jumlah tersebut, TKW terbanyak, jelas Dede, berasal dari Jawa Barat. Dengan jumlah sekitar 40.000 hingga 50.000 TKW, diantaranya berasal dari Kabupaten Bandung.

“Jadi tidak benar, jika ada pernyataan Kabupaten Bandung sudah tidak lagi menhirim TKW ke luar negeri, biktinya masih ada,” tandas Dede.

Dede Yusuf hadir di Kabupaten Bandung, dalam rangka penyerahan bantuan mesin jahit dan mesin obras kepada kelompok wira usaha mandiri di wilayah Soreang dan Cingcin, Kabupaten Bandung, di Jalan Raya Gading Tutuka Soreang, Kabupaten Bandung. (sft)