Tim Francis dan Portugal Lolos Piala Dunia 2018 di Rusia

69

Penulis: Barra Sulthan Endrawan

OPININEWS.COM – Sembilan negara sudah dipastikanl lolos babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa.

Kesembilan negara tersebut, dipastikan bisa menikmati suasana turnamen sepak bola bergengsi dunia di Lapangan Hijau di Rusia tahun depan.

Sembilan tim zona Eropa yang memastikan miliki tiket langsung ke Piala Dunia 2018, diantarannya Prancis dan Portugal. Dua tim ini negara terakhir yang mengantongi tiket tersebut, setelah meraih kemenangan di laga terakhir.

Sementara negara yang pernah membawa trofy piala dinia, Prancis dan Portugal menjadi juara Grup A dan Grup B secara berurutan. Jerman dan Serbia masing-masing lolos langsung dari Grup C dan D.

Disusul Polandia, Inggris, Spanyol, Belgia, dan Islandia yang melangkah ke putaran final sebagai juara grup.

Sementara negara eropa lainnya yang harus berjuang keras untuk lolos fase kualifikasi babak Play Off, untuk memperebutkan empat tiket tersisa ke Rusia.

Seperti diketahui, dari total sembilan grup di kualifikasi, hanya diambil delapan runner-up terbaik dengan Slovakia jadi tim yang tersingkir. Dari delapan tim runner-up terbaik, empat tim teratas akan masuk ke pot unggulan.

Empat tim teratas itu adalah Swiss, Italia, Denmark, dan Kroasia. Sementara empat tim terbawah terdiri dari Swedia, Irlandia Utara, Yunani, dan Republik Irlandia.

Undian untuk babak play-off akan digelar pada 17 Oktober mendatang di markas FIFA di Zurich. Akan ada empat pertandingan dengan format kandang-tandang.

Negara Eropa Lolos Piala Dunia 2018: Prancis Portugal, Jerman, Serbia, Polandia, Inggris, Spanyol, Belgia, Islandia

Negara Lolos Babak Play-off: Swiss Italia, Denmark, Kroasia, Swedia, Irlandia Utara, Yunani, Republik Irlandia ( barra/ berbagai sumber )