Badan Anggaran DPRD Jabar Akan Tingkatkan Dana Kegiatan Kesenian

125

Wartawan: Saufat Endrawan

OPININEWS.COM / BANDUNG — Anggota Badan Anggaran DPRD Jabar, G. Tjahyono mengatakan, masyarakat dan pemerintah sejatinya serius memperhatikan dan mengembangkan seni tradisi. Dengan demikian, kegiatan seni tradisi dan budaya bisa berkembang dan tumbuh lestari di Kota Bandung.

Hal ini disampaikannya, saat menghadiri acara Pagelaran Seni Tradisi Gojeh Grup di Gedung Kesenian Rumentang Siang Jalan Baranang Siang, Kota Bandung, Rabu (18/10/2017).

Tjahyono, mengatakan, seperti halnya di Bali dan di kota besar di dunia, kegiatan kesenian harus menjadi tujuan wisawatawan atau warga kota.

“Kalau orang bisa datang ke taman, selfie, atau ke mall, di waktu-waktu tertentu harus pula ada agenda-agenda pagelaran seni tradisi. Pagelaran seperti ini harus seperti tujuan,” katanya.

Untuk itu sebagai anggota Badan Anggaran DPRD Jabar ia akan terus mendorong agar alokasi untuk kegiatan seni tradisi bisa lebih besar.

Tjahyono, menceritakan, dalam pantauannya di luar negeri kegiatan seni dan budaya tumbuh dan menjadi agenda rutin kota saat akhir pekan. “Saya sering bawa seniman ke luar negeri. Tidak hanya untuk kegiatan kesenian, namun juga sebagai promosi parawisata, investasi. Kesenian ini harus dikemas semenarik mungkin,” katanya.

Ia juga menggarisbawahi kegiatan kesenian jangan dibebani pendapatan. “Kalau dibebani akan berat. Seperti halnya balai taman budaya, akan berat dibebani harus mendapatkan pendapatan,” katanya lagi. ( sft )