Polsek Baleendah Miliki Bale Megah ” Dalem Paseban Haryo Tirto “

161

Wartawan: Saufat Endrawan

Opininews.com / Bandung — Kesederhanan dalam memimpin, tidak menjadikannya lemah dalam bersikap. Karena kesederhanaan ini menimbulkan berbagai inspirasi untuk memecahkan berbagai masalah.

Salahsatunya dengan ide untuk membangun sebuah ruang berbentuk bale, yang dinamakan Bale ” Dalem Paseban Haryo Tirto ” Polsek Baleendah, yang ternyata bangunan hasil arsitekturnya ini telah berhasil menyelesaikan berbagai permasalahan.

Kapolsek yang nenjadi Arsitektur pembangunan Bale “ Dalem Paseban Haryo Tirto” tersebut adalah Kompol Supriyono, SH.

Diakui Supriyono, kepada opininews.com, saat dijumpai di Dalem Paseban Haryo Tirto, Baleendah, kemarin, ide pembangunan bale ini, awalnya hanya untuk tempat para anggotanya istirahat sambail makan dann melakukan rapat internal.

Namun lama kelamaan menjadi tempat rapat-rapat yang dilakukan oleh para muspika dan dijadikan tempat untuk mendamaikan dan menjalin silaturahim berbagai elemen masyarakat.

“Saya sangat bersyukur bale ini sudah menjadi tempat bersejarah, mendamaikan berbagai perselisihan antar ormas, masyarakat dengan masyarakat dan ormas dengan masyarakat,” ungkap Kapolsek.

Di Bale ini sangat sejuk, karena dibangun dengan berbagai bahan dasar bambu dan kayu. Selain terdapat kolam untuk dipacing ikannya, namun juga ditanami berbagai macam tanaman, mulai sayuran, obat-obatan tradisional serta buah-buahan.

“Jika ada masyarakat yang butuh tanaman obat-obatan untuk mengobati keluarganya bisa metik. Karena para tokoh masyarakat juga banyak yang memetik obat-obatan kolestrol, darah tinggi dan sakit perut dari taman di Polek Baleendah,” ujarnya.

Tidak hanya itu, dengan adanya Dalem Paseban Tirto Haryo, dengan keindahan taman dengan air mancurnya, anak taman kanak-kanak, siswa dan pramuka sudah tidak lagi menganggap Kantor Polisi menjadi tempat yang menakutkan lagi.

Pembangunan bale ini, lajut Supriyono, salahsatu upaya untuk mendukung program Kapolres Bandung, AKBP M. Nazly Harahap, S.Ik, agar menjadi Anggota Polisi yang profesional, dan dekat dekat masyarakat.

Luas bale ini 6 kali 4 meter, dikelilingi taman dan kolam yang kapanpun bisa dipancingi. Disini, nantinya anggota dan masyarakat bisa memetik buah alpukat, mangga serta buah buahan lainnya. ( Saufat )