Bupati Bandung Lepas 52 Peserta MTQ Tingkat Jawa Barat

58

Wartawan: Saufat Endrawan

 

Opininews.com, Bandung — Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, melepas 52 orang peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), di Rumah Jabatannya, Kamis (12/4/2018).

Para santriwan dan santriwati tersebut akan mengikuti ajang MTQ ke-35 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi yang berlangsung mulai 14 s/d 20 April mendatang.

Penglepasan ditandai dengan penyerahan Bendera Kafilah Kabupaten Bandung dari Bupati kepada Ketua Kafilah, Marlan, juga pemakaian jaket kepada perwakilan santriwan dan santriwati.

Saat memberikan sambutan, Bupati mengimbau para kepala Perangkat Daerah untuk menjadi pembina pada masing-masing cabang MTQ yang dilombakan.

“Saya harap para Kepala Perangkat Daerah dijadikan pembina untuk masing-masing cabang MTQ yang diperlombakan, ini akan menjadi nilai khusus bagi perangkat daerah yang binaannya berprestasi dalam MTQ,” ucap Dadang, kepada www.opininews.com,.

Menurutnya MTQ bukan sekedar ceremonial, tapi juga medan dakwah, syi’ar bagi umat Islam untuk betul-betul mencintai Al Qur’an. Ajang ini merupakan wahana berkompetisi dalam kebaikan (Fastabiqul Khoirot) untuk memacu diri lebih mengenal, memahami, menghayati dan mengamalkan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

“Melalui MTQ kita integrasikan intelektual dan spiritual untuk mencetak generasi muda yang cerdas dan bermoral, mampu memaknai ajang MTQ sebagai ajang untuk membangun karakter diri,” imbuhnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung ini memberikan apresiasi kepada pembina dan berharap peserta MTQ tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. “Saya mengapresiasi jerih payah yang telah dilakukan pembina beserta jajarannya dalam mempersiapkan santriwan dan satriwati. Peserta MTQ tahun ini diharapkan bisa lebih baik dari tahun-tahun kemarin,” harap Dadang.

Ditempat yang sama Marlan menjelaskan untuk mengikuti MTQ ke-35 tingkat Jawa Barat, Kabupaten Bandung telah melakukan beberapa persiapan. “Kami telah melakukan rapat persiapan dengan perangkat daerah terkait, official dan pembina MTQ Kabupaten Bandung. Selain itu, kami telah melaksanakan MTQ tingkat Kabupaten dan memberikan pembinaan terhadap Juara I setiap cabang MTQ Tingkat Kabupaten Bandung sebanyak 52 orang, baik secara tersentralisasi maupun dititipkan di beberapa ponpes sesuai dengan kebutuhan dalam upaya meningkatkan kemampuan peserta,” jelasnya.

Marlan yang juga Asisten Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat (Ekjah) ini juga telah menganggarkan biaya keperluan MTQ dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kabupaten Bandung. “Kami telah menyiapkan pembiayaan kegiatan MTQ termasuk akomodasi dan transportasi yang bersumber dari APBD Kabupaten Bandung,” paparnya.

Ketua Kalifah ini juga menjelaskan kalifah MTQ Kabupaten Bandung seluruhnya berjumlah 133 orang. “Kafilah Kabupaten Bandung terdiri dari 52 orang peserta, 30 pembina, 35 official, 4 orang tenaga medis, 7 orang pendamping atau muhrim, dan 5 orang pengemudi,” jelas Marlan.

Ia menambahkan peserta MTQ Kabupaten Bandung nantinya akan mengikuti 24 cabang perlombaan. ”Cabang yang diperlombakan yaitu Tilawah Anak, Tilawah Remaja, Tilawah dewasa, Tilawah cacat netra, Murottal, Qiro’at Sab’ah Remaja, Qiro’at Sab’ah Dewasa, Tahfidz 1 Juz, 5 Juz, 10 Juz, 20 Juz, 30 Juz, Tafsir Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fahmil Qur’an beregu, Syarhil Qur’an Beregu, Kaligrafi Naskah, Kaligrafi Dekorasi, Kaligrafi Mushaf, Kaligrafi Kontemporer serta Membaca dan Menulis Isi Kandungan Al Qur’an (MMIQ),” ujarnya.

Marlan juga mengharapkan Bupati Bandung untuk menugaskan para OPD (Organisasi Perangkat Daerah) untuk mengikuti pawai Ta’aruf. “Pawai ta’aruf dari tiap kabupaten atau kota turut dilombakan dan pemenangnya menjadi utusan Provinsi Jawa Barat pada MTQ Tingkat Nasional di Provinsi Sumatera Utara, untuk itu diharapkan Bupati dapat menugaskan para camat dan OPD untuk mengikuti Pawai Ta’aruf,” imbuhnya.

Selain itu, Ketua Kalifah juga memohon do’a dan restu agar peserta MTQ dapat memperoleh hasil yang baik. “Kami moho do’a restu dari masyarakat Kabupaten Bandung agar para santriwan dan santriwati yang akan berjuang dalam ajang MTQ dapat memperoleh prestasi yang maksimal,” pungkas Marlan. ( saufat )