Ir. Erwin Rinaldi: Kampung Cibuluh Jadi Destinasi Wisata, Disperkimtan akan Bangun Dermaga Terapung

147
Kepala Disperkimtan Kab. Bandung, Ir. Erwin Rinaldi, akan bangun Dermaga Terapung di Kampung Cibuluh, Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan. (foto/saufat endrawan/www.opininews.com)

Wartawan: Saufat Endrawan

Opininews.com, Bandung – Beberapa tahun lahu, Kampung Cibuluh, di Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung masih gelap, kering, tak tertata dan masih banyak rumah yang kumuh.

Namun sejak masuknya program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) dalam mewujudkan Bandung 1000 Kampung yang dilaksanakan oleh Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bandung, kampung ini telah tertata, jalan sudah di beton, fasilitas air bersih telah dibangun dan penerangan listrik telah terpasang, dan beberapa rumah tak layak huni telah direnovasi.

Bupati Bandung,H. Dadang M Naser, M.Ipol resmikan Kampung Cibuluh jadi Kampung Agro Wisata, Rabu (25/4/2018). (foto/saufat Endrawan/www.opininews.com)

Akhirnya, Kampung Cibuluh telah menjadi destinasi wisata, yang dapat mendampingi keberadaan Objek Wisata Situ Cileunca. Dan dalam rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-377 Kabupaten Bandung, Rabu (25/4/2018), Kampung Cibuluh telah diresmikan oleh Bupati Bandung, H. Dadang M Naser, M.Ipol sebagai Kampung Agro Wisata.

Kepala Disperkimtan Kabupaten Bandung, Ir. Erwin Rinaldi, kepada www.opininews.com, mengakui, kedepannya di Kampung Cibuluh ini, akan dibangun Dermaga Terapung, karena Kampung Cibuluh merupakan daerah yang berada tepat di pinggir Situ Cileunca.

Bupati Bandung, H. Dadang M Naser, M.Ipol bersama Kepala Dispertasih, Ir. Erwin Rinaldi, dan para Muspida dan Muspika dan tokoh masyarakat . Kampung Cibuluh. (foto/saufat endrawan/www.opininews.com)

“Keberadaan Kampung Cibuluh menjadi penopang bagi Objek Wisata Situ Cileunca, karena para wisatawan bisa menginap di rumah – rumah warga, karena infrastruktur mulai jalan, penerangan serta rumah warga telah diperbaiki agar dapat disewa oleh para wisatawan,” jelas Erwin.

Disperkimtan juga, kata Erwin, telah membangun pondokan yang dapat disewa oleh wisatawan, yang nanti pengelolaanya oleh desa setempat. “Program ini juga untuk meningkatkan perekonomian Desa Pulosari. Sementara masyarakat setempat dapat mengembangkan uasahannya dengan mendirikan kios  untuk menjual berbagai produk UKM daerahnya,” ujarnya.

Objek Wisata Situ Cileunca akan terbantu dengan Kampung Cibuluh menjadi Kampung Agro Wisata yang dibangun oleh Disperkimtan Kab. Bandung. (foto/saufat endrawan/www.opininews.com)

Sementara Dermaga Terapung, dapat memudahkan warga dapat menikmatai keindahan alam dan danau dengan menggunakan perahu. ( saufat/ Adv )