Ketua Fraksi Golkar DPRD Kab. Bandung Panen Perdana Kopi Jenis Lini Es

134
Ketua Fraksi Golkar DPRD Kab. Bandung, H. Sugianto, S.Ag, M.Si panen kopi, di Kebun Kopi milik pribadi di Kampung Cisegok. Blok Bitung, Desa Nengkelan, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Minggu (27/5/2018). (foto/saufat endrawan/www.opininews.com)

Wartawan: Saufat Endrawan

Opininews.com, Bandung — Tidak hanya para petani dan pengusaha gencar menanam pohon kopi di lahan pertanianya. Namun Anggota DPRD kabupaten Bandung pun tak mau kalah.

Anggota DPRD Kabupaten Bandung, yang diam-diam telah memulaai menjadi petani kopi adalah Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Bandung, H. Sugianto, S,Ag, M.Si.

Tanaman Kopi jenis Lini Es, yang berhasil di pada panen perdana di Perkebunan kopi milik Ketua Fraksi Partai Golkar, DPRD Kabupaten Bandung, H. Sugianto, S.Ag, M.Si, di Kampung Cisegok, Desa Nengkelan, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung. (foto/saufat endrawan/www.opininews.com)

Pada hari, Minggu (27/5/2018), sebanyak 100 Kg, biji kopi telah dipanenya, pada panen perdananya dilahan milik pribadinya yang luasnya sekitar 84 tumbak.

Buah kopi jenis Lini Es, yang dipanenya dari  kebun kopi milik pribadinya,  di Kampung Cisegok, Blok Bitung, Desa Nangkelan, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, dilakukan sendiri bersama keluarga dan sahabatnya, sambil ngabuburit nunggu tibanya buka puasa.

Sugianto, kepada www.opininews.com, menuturkan, kebun kopi yang dipanen ini, merupakan tanaman kopi yang ditanamnya sejak setahun lalu.

Di lahan seluas 84 tumbak ini, jelas Sugianto, ditanam sebanyak 250 batang pohon. “Alhamdulilah, setahun kemudian, tepatnya pada Minggu (27/5/2018), telah bisa dilakukan panen perdana, sebanyak 100 Kg biji kopi sudah bisa di petik,” tutur Sugianto.

Sugianto juga berharap, kepada masyarakat Kabupaten Bandung, jangan pernah  menyia-nyiakan lahan kosong. Lebih baik lahan kosong ditanam tanaman kopi. Karena saat ini, harga kopi dunia semakin tinggi.

Dan kopi asal Kabupaten Bandung, Jawa Barat, kata Sugianto, kopi yang banyak diminati oleh pecinta kopi dunia. ( sft )