PT WIKA Belum Bayar Pekerjaan Rp 19 Miliar, Exit Tol Soroja Akan ditutup

576

Wartawan: Saufat Endrawan

Opininews.com, Bandung – sejumlah vendor sub kontraktor proyek Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) yang panjangnya mencapai 11,5 KM, menuntut pihak PT. WIKA segera membayar hasil pekerjaan, yang belum dibayarkan

Kekecewaan atas tuntutan dan pembayaran yang tidak segera di selesaikan, puluhan perwakilan 13 vendor, yang dikoordinir PT Citra Bangun Selaras (CBS) memasang spanduk tuntutan dan peringatan kepada PT Wika di exit Tol Soroja, di Soreang, Kabupaten Bandung Selasa (10/7/2018).

Tuntutan mereka, jika pada Kamis (12/7/2018) pihak PT. WIKA tidak segera melakukan. pembayaran, maka para vendor serta karyawan dan keluarga terpaksa akan. menutup pintu exit Tol Soroja.

Direktur PT CBS, Eri Rusman, kepada www.opininews.com, mengakui, PT. WIKA hingga kini belum membayar pekerjaan lebih Rp 19 miliar, berupa pekerjaan pengurugan serta pembelian tanah untuk pengurugan serta pekerjaan lainnya.

“Akibat belum dibayarkan hutang kepada para vendor, banyak perusahaan yang kolep, gulung tikar, serta jual asset untuk bayar tagihan ke bank.Karen mereka kebanyakan gunakan modal kerja dari bank,” jelas Eri.

Tidak hanya itu, para pekerjanya juga banyak yang tidak bisa menyekolahkan anaknya, karena gaji mereka belum dibayar akibat vendor alami kesulitan dana.

“Artinya adanya pembangunan jalan Tol Soroja yang megah,. menghasilkan kerugian pengusaha lokal. Dan kontraktor WIKA tidak mempedulikan. hal ini. Akibatnya terpaksa pada Kamis lusa kami akan menutup akses pintu Tol Soroja,” tegas Eri.

Salahsatunya Pengusaha Sub Kontraktor Tol Soroja, Eddie Soesetya, akui, belum dibayarnya hasil pekerjaan oleh PT. WIKA, nyaris menghancurkan para pengusaha di Kabupaten Bandung.

“Kami bangga jalan Tol Soroja sudah bisa digunakan , Namun hati kami dan keluarga menjerit, karena proyek jalan Tol Soroja membangkrutkan usaha kami karena PT. WIKA yang mempekerjakan kami belum bayar hasil pekerjaan,” jelas Eddie.

Eddie berharap PT. CLMJ operator Tol Soroja, menteri BUMN dan Presiden Jokowidodo segera negur PT. WIKA agar segera bayar hutang kepada Sub kontraktor,” tegas Eddie. ( saufat )