Kabupaten Bandung Jadi Tuan Rumah Kejurda Eksebisi Kempo Popda XII Jabar 2018

223

Wartawan: Saufat Endrawan

Opininews.com, Bandung — Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Jabar sudah saat melakukan konsolidasi dengan pihak Dinas Pendidikan Provinsi Jabar untuk mulai memasukan bela dirinya Kempo menjadi bela diri yang masuk dalam pelajaran tambahan. bela diri.

 

Jika bela diri Kempo, sudah banyak dikenal oleh pelajar, maka akan mudah untuk masuk dalam bela diri yang dipertandingkan dalam Pelan Olahraga Pelajar Daerah (Popda).

Salah satu upaya untuk memperkenalkan bel diri Kempo kepada para pelajar, maka akan di gelar Kejuaraan Daerah Kempo se Jabar, Eksebisi Popda Jabar XII cabang beladiri Kempo, yang akan digelar di GOR Koni Kabupaten Bandung, di Soreng tanggal 27 -20 Juli 2018.

Di ajang inilah atlet-atlet pelajar dari berbagai daerah se Jawa Barat mengadu keterampilan dan ketangkasan untuk menjadi yang terbaik.

Cabang Olahraga Beladiri Kempo menjadi salah satu cabor yang di pertandingkan walaupun masih bersifat Eksebisi

Popda Jabar XII Cabang Olahraga Beladiri Shorinji Kempo akan di pertandingkan pada tanggal 27 – 29 Juli 2018 bertempat di Gedung Olahraga KONI Kabupaten Bandung.

Di Jawa Barat telah berdiri Pengurus Cabang/Kota di 17 Kabupaten/ Kota, Alhamdulillah pada penyelenggaraan Eksebisi ini dari 17 Cabang Kabupaten / Kota semuanya menyatakan ikut ambil bagian pada Kejuaraan tersebut.

Hal ini dipaparkan Ketua Cabang Beladiri Kempo Kabupaten Bandung, Dian Nugraha, kepada www.opininews.com, di Gedung Koni Kabupaten Bandung, Jumat (20/7/2018)

“Kegiatan ini merupakan sebuah bentuk keinginan dari semua insan Kempo Jawa Barat agar Kempo dapat di pertandingkan pada Popda mendatang,” tegas Dian.

Ditempat yang sama, Ketua Pelaksana Popda  Cabang Olahraga Shorinji Kempo Catur Sujatmiko menegaskan, perjuangan agar Kempo dapat di pertandingkan pada Popda Jabar sudah sejak satu tahun yang lalu.

“Mudah – mudahan dengan antusiasnya semua pengurus cabang Kabupaten/Kota, Kempo pada Popda mendatang sudah di pertandingkan secara resmi,” harapnya.

Untuk Pelaksanaan Popda tanggal 27 – 29 Juli ini di ikuti oleh 250 atlet dari 17 Kabupaten dan Kota se Jawa Barat dengan di pimpin 21 orang wasit. Tentunya ini merupakan sebuah tanda bahwa Kempo sudah hampir menyebar di seluruh penjuru Jawa Barat.

Kedepan, harap Catur, Jawa Barat menjadi pionir bagi daerah-daerah lain dalam hal penyelenggaraan Kejuaraan Daerah baik di level junior maupun senior.

“Kami juga ucapkan terima kasih kepada Dispora Jabar yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk menyelenggarakan Kejuaraan Daerah Eksebisi Kempo ini, dan juga kepada KONI Kabupaten Bandung yang telah memberikan fasilitas untuk penyelenggaraan pertandingan POPDA ini,” kata Catur.

Kejuaraan Daerah Kempo Eksebisi POPDA Jabar ini mempertandingkan 20 nomor pertandingan pada kelompok Putra, Putri dan Campuran dan memperebutkan 35 medali emas, 35 perak dan 46 medali perunggu.

KELOMPOK PUTRA
Embu Berpasangan Kyu III/II

Embu Berpasangan KYU-I

Embu Beregu

Randori Kelas 45 kg (Peserta dengan berat badan 40,5 – 45 kg)

Randori Kelas 50 kg (Peserta dengan berat badan 45,5 – 50 kg)

Randori Kelas 55 kg (Peserta dengan berat badan 50,5 – 55 kg)

Randori Kelas 60 kg (Peserta dengan berat badan 55,5 – 60 kg)

Randori Kelas 65 kg (Peserta dengan berat badan 60,5 – 65 kg)

Randori kelas 70 kg (Peserta dengan berat badan 65,5 – 70 kg )

KELOMPOK PUTRI

Embu Berpasangan Kyu III/II

Embu Berpasangan KYU-I

Embu Beregu

Randori Kelas 40 kg (Peserta dengan berat badan 35,5 – 40 kg)

Randori Kelas 45 kg (Peserta dengan berat badan 40,5 – 45 kg)

Randori Kelas 50 kg (Peserta dengan berat badan 45,5 – 50 kg)

Randori kelas 55 kg (Peserta dengan berat badan 50,5 – 55 kg)

Randori kelas 60 kg (Peserta dengan berat badan 55,5 – 60 kg)

KELOMPOK CAMPURAN

Embu Berpasangan Kyu III/II

Embu Berpasangan KYU-I

Embu Beregu

Dengan banyaknya Kabupaten dan Kota yang menyatakan siap untuk mengirim kontingen pada kejuaraan tersebut menandakan bahwa Kempo semakin berkembang di Jawa Barat terutama melalui sekolah-sekolah.

Ini menjadi pertanda baik karena sumber atlet potensial berasal dari sekolah, kami harap pihak terkait dalam hal ini Dispora Jawa Barat untuk Popda mendatang dapat memasukkan Kempo sebagai salah satu Cabor resmi yang di pertandingkan. ( saufat )