PDAM Tirta Raharja Genap Berusia 42 Tahun Ingin Terus Berbhakti Untuk Pelanggan

169

Wartawan: Saufat Endrawan

Opininews.com — PDAM Tirta Raharja didirikan pada tahun 1926 dengan nama Water Leiding Bedriff, yang pada awal nya diperuntukan memenuhi kebutuhan air bersih bagi komunitas Belanda yang berada di Wilayah Cimahi dan Lembang.

Hingga pada perkembangannya, didirikan berdasarkan Peraturan Daerah (PERDA ) Kabupaten Bandung Nomor XVII tahun 1997 dan sidyahkan dengan Keputusan Gubernur Tingkat I Jawa Barat No.510/HK/011/SK/77 tertanggal 31 Maret 1977, perusahan ini kemudian ditetapkan menjadi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bandung Nomor 5 Tahun 2005 tentang PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung, perubahan terakhir dengan berakunya Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2014 tentang PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung.

PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung telah memiiki jejak dengan rentan waktu yang cukup lama sejak tahun 1926 sampai dengan 2019, dan secara de jure belum memiliki penetapan Hari Jadi secara formal. Berdasarkan fakta sejarah tersebut maka tanggal 31 Maret 1977 di tetapkan sebagai Hari Jadi PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung oleh Bupati Bandung untuk pertama kalinya di Gedung Budaya Sabilulungan dengan disaksikan oleh para Stakeholder tertakit beberapa waktu lalu pada tanggal 31 Maret 2016.

Adapun maksud dan tujuan peringatan hari jadi PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung antara lain :

1. Napak tilas suatu momentum bersejarah yang akan selalu diperingati sebagai momen hari ajdi PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung.

2. Memastikan jejak langkah pengembangan perusahaan yang telah dicapai (timeline perusahaan).
3. Mengembangkan citra perusahaan menjadi perusahaan yang profesional, maju dan berdaya saing.

4. Menumbuh kembangkan rasa memiliki terhadap perusahaan untuk seluruh stakeholder yang terlibat langsung dalam proses operasional perusahaan.

Dengan memperingati tanggal 31 Maret sebagai Hari Jadi PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung akan menjadi identitas baru, sebagai symbol transformasi dari PDAM Kabupaten Bandung menjadi PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung sebagai identitas layanan publik berorientsi bisnis yang bergerak di pelayanan air minum dan usaha-usaha lainnya untuk mensejahterakan masyarakat, pelanggan, stakeholder serta pegawai.

Sebagaimana yang diketahui bahwa jumlah pelanggan PDAM Tirta Raharja terus mengalami progres setiap tahunnya, mulai dari awal berdiri pada tahun 1977 yang hanya memiliki 10.000 pelanggan, hingga sampai Bulan Februari 2019 mencapai 97.844 unit sambungan rumah. Tidak mudah memang untuk mengejar cita-cita karena diperlukan daya upaya yang sangat keras yang terintegrasi berbagai aspek seperti ketersediaan sumber air baku, biaya investasi yang tidak kecil serta daya beli masyarakat.

Hasil yang dicapai ini pun hasil kerja keras dengan mengerahkan segala daya dan upaya guna mengembangkan perusahaan yang berangkat dari kesadaran untuk melayani masyarakat akan air minum sebagai kebutuhan pokok manusia. Dan hingga saat ini, PDAM tidak lepas dari dukungan pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam menjalankan roda perusahaan. Sehingga dalam perjalanannya, PDAM Tirta Raharja menjadi satu-satunya BUMD milik Kabupaten Bandung yang mempunyai tugas memberikan pelayanan air bersih untuk masyarakat Kabupaten Bandung.

Wilayah Pelayanan PDAM Tirta Raharja meliputi 3 Wilayah Administratif yaitu Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat, jumlah sambungan langganan sebanyak 97.844 SR

Sesuai dengan visi misi PDAM Tirta Raharja dan dalam rangka percepatan cakupan pelayanan sampai dengan tahun 2019 diharapkan jumlah pelanggan mencapai angka lebih dari 100.000 sambungan rumah, artinya PDAM Tirta Raharja akan berubah statusnya seiring dengan pertambahan sambungan rumah dari Tipe D ke Tipe E (PDAM dengan Jumlah Pelanggan di atas 100.000 SR) sesduai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 8 Tahun 2000 tentang Pedoman Akuntansi Perusahaan Daerah Air Minum.

Dalam Rangka Memperingati hari jadi PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung yang ke 42 diselenggarakan berbagai kegiatan diantaranya :

1. Kegiatan Donor Darah bersama PMI Kab. Bandung dan lomba merangkai Sambungan Rumah peserta yang dilibatkan dari setiap unit pelayanan yang di selenggarakan di Kantor Pusat PDAM Tirta Raharja hari Selasa tanggal 19 Maret 2019.

2. Kegiatan memperingati hari jadi yang merupakan puncak acara dilaksanakan tanggal 31 Maret 2019 bertempat di Kantor Pusat PDAM Tirta Raharja Kab. Bandung di Jl. Kolonel Masturi Km. 3 Cimahi dengan undangan sebanyak ±400 orang meliputi Pegawai, Dewan Pengawas, Anak Yatim, Anak Sunat.

3. Adapun kegiatan lain yang dilakukan diantaranya penanaman pohon dan bantuan secara simbolis terhadap Anak Yatim dan Anak Sunat.

Rangkaian kegiatan yang di adakan ini sekaligus merupakan rangkaian kegiatan Hari Air Sedunia.

Ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu secara langsung maupun tidak langsung atas terselenggaranya rangkaian kegiatan Hari Jadi PDAM Tirta Raharja ke 42 dan Air Sedunia 2019, mohon maaf apabila dalam penyelenggara terjadi banyak kekurangan. Terimakasih.

Dirut PDAM Tirta Raharja, Rudie Kusmayadi, kepada www.opininews.com, kemarim, mengatakan, komitmen kami selalu ingin memberikan kepuasan kepada pelanggan untuk mendapatkan air bersih berkualitas tinggi kepada masyarakat di tiga daerah, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat serta Kota Cimahi.

“Berkat dukungan dari masyarakat dan pemerintah dari ketiga daerah tersebut kami akan semakin kuat dan besar, ” tegas Rudie. ( saufat )