Bupati Bandung Nilai Kinerja PDAM Tirtaraharja Semakin Baik

303

Wartawan: Saufat Endrawan

Opininews.com, Bandung – Bupati Bandung, H.M. Dadang M Naser memuji kinerja PDAM Tirtaraharja, yang setiap tahunnya mampu meningkatkan pelayanan kepada pelangganya di tiga wilayah, Kabupaten Bandung Kabupatrn Bandung Barat (KBB) serta Kota Cimahi.

“Kami bangga Kabupaten Bandung memiliki dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), yaitu Bank BPR Kertaraharja dan PDAM Tirtaraharja yang telah mampu meraih laba serta dapat memberikan pelayanan maksimalnya kepada masyarakat Kabupaten Bandung dan sekitarnya dan berharap, kedepannya kedua perusahaan ini mampu menjadi contoh bagi BUMD lainnya,” kata Bupati Bandung, Dadang M Naser usai mrraksanalan Shalat Ied Idul Fitri 1 Syawal 1440 di Doom Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (5/6/2019).

Disebutkan Bupati, dalam waktu dekat, pelayanan penyediaan air bersoh bago masyarakat akan semakin lebih maksimal setelah pembangunan SPAM Gambung selesai.

Sementara itu, selama bulan suci Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri, pemakaian air PDAM Tirta Raharja mengalami kenaikan hingga 10-15%.
Peningkatan penggunaan air bersih ini dapat diantisipasi oleh PDAM Tirtaraharja milik Kabupatrn Bandung ini dengan menyiagakan petugas piket dan penyaluran secara bergiliran di beberapa lokasi.

“Selama bulan Ramadhan penggunaan air mengalami peningkatan antara 10-15%. Peningkatan pemakaian terjadi pada sore dan malam hari. Namun kondisi dapat kami atasi demi kepuasan pelanggan,” kata Manajer Junior Humas dan Sekretariat PDAM Tirta Raharja, Sri Hartati kepada www.opininews.com, kemarin.

Disebutkan Sri Hartati, peningkatan penggunaan air bersih terjadi merata di tiga wilayah yang dilayani PDAM Tirta Raharja, yakni Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Saat ini, lanjutnya, PDAM Tirtaraharja, telah mampu memasang sambungan rumah (SR) mencapai 98.103 yang terbagi wilayah pelayanan timur sebanyak 39.727, pelayanan utara 27.158, dan pelayanan selatan 31.218. Jumlah itu termasuk sambungan sektor industri, badan usaha, dan pribadi.

“Meski sambungan terus bertambah, sesuai dengan harapan Pak Bupati Bandung, kami sanggup menyuplai air dan tidak mengalami kendala. Hal ini dibantu juga dengan curah hujan masih turun, sehingga sumber air baku di wilayah Cijanggel, Cisarua, KBB, untuk mengairi pelanggan di wilayah utara masih melimpah,” jelas Sri Hartati

Sri menyebutkan, PDAM tetap membuka pelayanan pada saat libur lebaran dengan adanya petugas piket untuk memberikan pelayanan dan pembayaran rekening.

Sri Hartati juga mengimbau kepada pelanggan untuk membaxar tagohan sebelum libur atau tepat waktu.Dan pergunakan air secukupnya, tutup keran rapat-rapat, serta tampung air untuk persediaan.
“Jika ada keluhan isampaikan melalui nomor kontak operator di wilayah terdekat. Dan petugas kami siap memberikan service kepada pelanggan secepat mungkin,” ujarnya.

“PDAM Tirtaraharja akan selalu memprioritaskan pelayanan ke pelanggan apalagi sejak awal tahun lalu tarif air sudah naik setelah lima tahun tak pernah ada penyesuaian. Hal ini sebagai upaya mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan dengan mempertimbangkan full cost recovery,” jelas Sri Hartati. ( saufat )