KAWAN Hadir Untuk Budaya dan Hiburan

Komunitas Wartawan Deklarasikan KAWAN

  • Eko TW
  • Sabtu, 11 Desember 2021 | 13:46 WIB
foto

Eko TW

Komunitas Wartawan KAWAN Mendeklarasikan Diri

Penulis: Eko TW

Opininews.com,  Jakarta -- Kawan Hadir Untuk Budaya dan Hiburan Alhamdulillah, lama diharapkan kemunculannya, akhirnya pada Minggu, 05 Desember 2021 Komunitas Wartawan Budaya dan Hiburan (KAWAN) mendeklarasikan jatidirinya di Telaga Mina, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Unik dan serunya, pendeklarasian KAWAN dibalut dengan acara Lomba Mancing Galatama bersama Jurnalis-Artis Dan Pengusaha yang di inisiasi oleh IBR Relations, Wartawan Indonesia (PWI) Jaya Sie Music-Film-Lifestyle, dan KAWAN.

Menarik waktu kebelakang, sebelum mendeklarasikan diri, para penggagas KAWAN lebih dahulu melakukan audiensi kepada Ketua PWI Jaya Sayid Iskandarsyah pada Jumat, 26 November 2021 di kantor PWI Jaya, Gedung Prasada Sasana Karya, Gambir, Jakarta Pusat.

Saat itu, kedatangan perwakilan pengurus “KAWAN” disambut jajaran pengurus harian PWI Jaya, selain Sayid Iskandar, hadir pula Irish Riswoyo (Ketua Seksi Film dan Musik), Irmanto (Wakil Ketua Bidang Organisasi), Tubagus Adhi (Wakil Ketua Bidang Kesra), Kadirah (Bendahara Umum) Heri SL (Wakil Sekretaris) dan beberapa pengurus lain.

Acara Deklarasi nan seru itu dilaksanakan tepat pada pukul 13.00 WIB dengan pembacaan deklarasi dilakukan oleh Ketua KAWAN Tri Cahyo ‘Yayo’ Sulistyo, yang kemudian dilanjutkan penyerahan bendera KAWAN oleh Ketua PWI Jaya Sie Music-Film-Lifestyle Irish Riswoyo kepada ketua KAWAN.

Di dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh ketua KAWAN, dimana potongan pertama diberikan kepada Sekretaris PWI Jaya Kesit Budi Handoyo mewakili Ketua PWI Jaya, kemudian potongan selanjutnya diberikan kepada Ketua PWI Jaya Sie Music-Film-Lifestyle Irish Riswoyo, Andra vocalis Bagindas, Iqbal Ibrahim selaku CEO IBS dan Baba Ali selaku pemilik pemancingan Telaga Mina. Dan yang tak kalah seru adalah penampilan Bagindas dan Conie Nurlita yang mampu menggoyang dan menghangatkan suasana pendeklarasian KAWAN hingga rinai hujan terabaikan.

KAWAN sendiri berawal dari para jurnalis yang melakukan peliputan di desk budaya dan hiburan berkumpul di WhatsApp Group (WAG).

Ketika pandemi Covid-19 melanda Indonesia, komunikasi secara intens para jurnalis adalah melalui WAG atau pun melalui daring. Saat itulah dirasakan perlunya wadah Komunitas Wartawan Budaya dan Hiburan KAWAN yang strukturnya terdiri dari Pembina, Pengarah, Ketua Harian dan 4 Ketua Bidang.

Dalam pendeklarasian itu ditegaskan, Visi KAWAN adalah berupaya menciptakan jaringan profesional lebih luas untuk meningkatkan kompetensi jurnalis demi kesejahteraan anggota.

Sedangkan misi KAWAN adalah : 1. Bermitra dengan berbagai pihak, khususnya pelaku dunia hiburan dan budaya untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi anggota dan masyarakat umum. 2. Secara berkala dan kolektif, meningkatkan kemampuan dan kompetensi profesi sebagai Jurnalis. 3. Dalam setiap kegiatan atau kerjasama selalu mengutamakan prinsip “simbiosis mutualisma” Tagline KAWAN itu sendiri adalah Citra, Cipta, Harmoni dengan makna. Citra, bermakna sesuatu gambaran atau kesan. Biasanya Citra dimaknai untuk sesuatu yang baik. Sedangkan Cipta bermakna sebuah karya. Lalu harmoni yang bermakna sebuah keselarasan atau keserasian, bisa juga kita maknai dengan kekompakan.

Pengurus Lengkap Komunitas Wartawan Budaya dan Hiburan (KAWAN) Dewan Pembina: Irish Riswoyo Amazon Dalimunthe Didang “Kang Didang” Tresnawati Suharsono Ray Dewan Pengarah/Pertimbangan : Ismail Sidik Sahib Tumpak Sidabutar Bambang Tjuk Muller Mulyadi M. Satria Eko TW Ketua Harian : Tri Cahyo 'Yayo' Sulistyo Kabid Litbang : Fuad Rohimi Kabid Kemitraan : Indrawan Ibonk Kabid Event : Dedhy Haryadi Kabid Kesekretariatan : Angga Radio Muara.

( Eko TW - Pemred www.opininews.com )

Editor: Saufat Endrawan

Bagikan melalui
Berita Lainnya