Teh Nia Bunda Paud Mahir Berbahasa Inggris dan Francis

Nia Kurnia Agustina Naser - Calon Bupati Bandung Periode 2020 - 2025

foto

Saufat Endrawan

Teh Nia Calon Bupati Bandung, Mahir Berbahasa Asing dan Memiliki Segudang Penghargaan atas Prestasinya. (foto/www.opininews.com)

Penulis: Saufat Endrawan Opininews.com, Bandung -- NIA KURNIA AGUSTINA adalah calon Bupati Bandung yang diusung oleh empat Partai Politik yang ada di Kab.Bandung yakni Partai Golkar, Partai Gerindra, PPP dan Partai Bulan Bintang dalam pilkada Kabupaten Bandung Tahun 2020.

Teh Nia, demikian sapaan akrab dari NIA KURNIA AGUSTINA adalah sosok perempuan muda energik, semangat, rendah hati, memiliki jiwa sosial dan memiliki perhatian terhadap pemberdayaan masyarakat yang tinggi serta pengalaman khusus terutama selama mendampingi suami Dadang M Naser selama 10 tahun menjadi Bupati bandung, sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bandung.

NIA KURNIA AGUSTINA yang lahir di Aceh pada tanggal 07 Agustus 1973 adalah alumnus STBA YAPARI Bandung ( Sekolah Tinggi Bahasa Asing) Tahun 1992 yang tentunya mahir dalam menguasi beberapa bahasa asing.

Teh Nia yang terlahir dari pasangan H. Obar Sobarna dan Hj. Iyan Siti Nanjar Komara yang memiliki latar belakang militer dari orang tuanya tentunya sudah teruji dengan tempaan mental dan disiplin yang tinggi.

Perjalanan Karir Teh Nia di bidang organisasi kepemudan dan politik diawali dengan menjabat Sebagai pengurus Harian Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bandung sebagai Wakil Bendahara (Tahun 1998-2002), kemudian pada Tahun 2015-sampai sekarang ia dipercaya memimpin Ormas dan menjadi Ketua Ormas MKGR (Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong) Kabupaten Bandung yang merupakan salah satu Organisasi sayap Partai Golkar.

Dalam bidang Organisasi Sosial Kemasyarakatan setidaknya ada 14 organisasi yang dipimpinnya. Teh Nia sangat berperan aktif dalam mengembangkan organisasinya sehingga menjadi organisasi yang sangat bermanfaat untuk kemaslahatan masyarakat Kabupaten Bandung, antara lain :

1. Ketua Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Kabupaten Bandung Terciptanya kelembagaan pemberdayaan keluarga melalui 10 Program PKK.

2. Ketua Umum FKBS (Forum Kabupaten Bandung Sehat ) Kab Bandung Merupakan suatu Lembaga masyarakat yang bertujuan menciptakan kota sehat yang terintegrasi melalui tatanan-tatanan dimana setiap individu masyarakat dapat tercipta Bersih, Aman, Nyaman dan Sehat untuk di huni.

3. Ketua Forikan ( Forum Peningkatan Konsumsi Ikan) Kab.Bandung Merupakan lembaga dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat mengkonsumsi ikan, pengembangan usaha perikanan serta peningkatan inovasi dalam kegiatan sosialisasi gemar makan ikan dan membantu memfasilitasi bantuan sarana dan prasarana teknis perikanan.

4. Ketua P2TP2A (Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak) Kabupaten Bandung Lembaga pelayanan bagi perempuan dan anak dalam upaya pemenuhan informasi dan kebutuhan dibidang pendidikan, ekonomi, politik, hukum, perlindungan dan penanggulangan tindak kekerasan dan perdagangan perempuan dan anak.

5. Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kabupaten Bandung Suatu wadah dalam menggali, mengebangkan serta melestarikan warisan budaya bangsa serta membina penemuan dan penggunaan teknologi baru.

6. Wakil Ketua Gugus Kabupaten layak Anak Kabupaten Bandung Untuk membangun inisiatif pemerintah kabupaten yang mengarah pada upaya transformasi konvensi hak-hak anak 7. Bunda PAUD Kabupaten Bandung Merupakan wadah dalam membentuk anak kabupaten bandung yang berkualitas dan memiliki kesiapan yang optimal didalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan pada masa dewasa.

8. Bunda KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) Kabupaten Bandung Sebagai wadah dalam meningkatkan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki secara optimal khusunya pemanfaatan lahan pekarangan.

9. Wakil Ketua Pokjanal (Kelompok Kerja Opeasional) Posyandu Kab Bandung Lembaga yang didalamnya terdiri dari berbagai lintas program dan lintas sektor yang dibentukdalam tujuan pengembangan dan pembinaan desa dan kelurahan siaga aktif.

10. Ketua LK3S (Lembaga Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial) Kabupaten Bandung Lembaga dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial oleh dan untuk masyarakat Kabupaten bandung khusunya penyandang masalah kesejahteraan sosial.

11. Ketua Formi (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) Kabupaten Bandung Lembaga Pemberdayaan serta menjaga kelestarian olahraga tradisional agar tidak punah serta meningkatkan kreatifitas dan sportifitas masyarakat dan ajang mencari atlit.

12. Wakil Ketua Pembina P2WKSS (Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera) Kabupaten Bandung Merupakan salahsatu program penigkatan peranan wanita dalam pembangunan, yang berupaya untuk mengembangkan Sumber daya manusia, sumber daya alam dan lingkungan untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat dan sejahtera dalm rangka pembangunan masyarakat Desa/Keluarahan dengan wanita sebagai penggeraknya.

13. Anggota Tim Pembina UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) Kab Bandung Lembaga untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik serta menciptakan lingkungan sehat di sekolah.

14. Bunda Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Bandung Merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pranikah dan Napza.

Kehadiran Teh Nia dalam mendampingi kegiatan-kegiatan H. Dadang Naser Sebagai Bupati Bandung dalam penyelenggaraan pemerintahan tentunya memberikan pengalaman yang sangat berharga yang dapat dilanjutkan untuk kemaslahatan bagi masyarakat Kabupaten Bandung.

Terwujudnya kinerja pemerintahan yang lebih baik di masa yang akan datang dimana tantangan dan harapan akan semakin besar diperlukan sosok kepemimpinan yang mempunyai visi dasar yang kuat, tujuan, misi dan agenda yang jelas dan itu ada dalam sosok Teh Nia.

Karakter kepemimpinan ringkas, jelas, abstrak, senang tantangan, orientasi ke depan, stabilitas dan tentunya disenangi masyarakat sebagai pribadi yang hambel dan murah senyum.

Beberapa penghargaaan yang diraih sebagai pribadi antara lain :

1. Penghargaan Kategori Tokoh Penggerak Olahraga Dari Menteri Pemuda Dan Olahraga Tahun 2019

2. Penghargaan Dari Menteri PPA Sebagai Penggiat Terbaik Dalam Pencegahan Dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang

2.Penghargaan. Anugrah Himpaudi Award Tingkat Nasional Kepada Bunda Paud Kab Bandung.

3. Penghargaan Dari Galamedia Award Sebagai Penggerak Sosial Masyarakat

4. Meraih Penghargaan Swasti Saba Padapa Kategori Pembinaan 2 Tatanan Kota Sehat Sebagai Ketua FKBS Kab Bandung Tahun 2015.

5. Meraih Penghargaan Swasti Saba Wiwerda Kategori Kota Sehat Pemantapan 4 Tatanan Kota Sehat Sebagai Ketua FKBS Kab Bandung Tahun 2017.

6. Meraih Penghargaan Swasti Saba Wistara Kategori Kota Sehat Pemantapan Lanjutan 6 Tatanan Kota Sehat Sebagai Ketua FKBS Kab Bandung Tahun 2019.

7. Penghargaan dari Museum Rekor Indonesia sebagai Penggerak “SIGESIT” .

8. Duta ORI IVA Test Penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial Dari Kementerian Sosial Penggerak dalam Raihan Kabupaten Bandung sebagai kabupaten Layak Anak.

9. Penghargaan Manggala Karya Kencana Penghargaan Bakti Koperasi dan UKM dari menteri Koperasi dan UKM Dalam kiprahnya melakukan pembinaan dan pengarahan terhadap kegiatan2 strategis yang melibatkan partisipasi masyarakat.

Teh Nia mengantarkan beberapa penghargaan antara lain :

Juara I Tk Prov Jabar Tahun 2011 UP2K PKK Desa Cisondari Kec Pasirjambu Juara I TK Prov Jabar Tahun 2011 10 Program Pokok PKK Desa Melatiwangi Kec Cilengkrang.

Juara I Tk Prov Jabar Tahun 2011 Desa Giri Mekar Kec Cilengkrang Kader KF Juara I BKB Kemas Tk Prov Jabar Tahun 2011.

Juara III Tk Prov Jabar Tahun 2011Kec Margahayu Lomba Menu Etnik Khas Daerah

Juara I Tk Prov Jabar Lomba Kader Posyandu Ny Amiatun Desa Girimekar Kec Cilengkrang Tahun 2011.

Juara I Tk Prov Jabar Tahun 2012 BKB Desa Bojongmanggu Kec Pameungpeuk.

Juara I Tk Jabar Tahun 2012 IMP Ketua Pos KB Desa Atasnama Ny Atikah Dari Desa Cimekar Kec Cileunyi

Juara I Tk nasional tahun 2012 IMP Ketua Pos KB Desa Atasnama Ny Atikah Dari Desa Cimekar Kec Cileunyi

Juara I Tk Prov Jabar Kelompok Bina Keuarga Remaja (BKR) Diraih Oleh Desa Buahbatu Kec Bojongsoang Tahun 2012.

Juara I Tingkat Provinsi Jawa Barat HATINYA PKK Desa Narawita Kec Cicalengka Tahun 2012.

Juara I Tk Provinsi Jawa Barat Gelar Dagang UPPKS Pada Kegiatan Keluarga IX Di Depok Tahun 2012.

Juara I Tk Provinsi Jabar Tahun 2012 Lomba Kreatifitas Institusi Pada Kegiatan Hari Keluarga IX 14.

Juara III Keluarga Harmonis Diraih Oleh Keluarga Ny Lilis Dan Ajat Dari Desa Bojong Kec Majalaya Tk Prov Jabar Tahun 2012.

Juara II Tk Prov Jabar Tahun 2013 Lomba Cipta Menu Etnik Khas Daerah Dari Kec Margaasih.

Juara II Tk Prov Jabar Tahun 2013 Lomba Cipta Menu B2SA Dari Kec Cimenyan Terbaik I Tk Prov Jabar Tahun 2013 Bunda Paud Kabupaten.

Juara II Tk Prov Jabar Tahun 2013 Lomba Kader Posyandu Juara I Tk Prov Jabar Tahun 2013 Akseptor Lestari 15-20 Tahun,dari Kecamatan Cangkuang.

Juara I Tk Prov Jabar PIK-Remaja r Dari Kec Paseh Tahun 2013.

Juara I Tk Prov Jaba Motivator MOP r Dari Kec Banjaran Tahun 2013.

Juara II Tk Prov Jabar Akceptor Lestari 15-20 Tahun, Dari Kec Pameungpeuk Tahun 2013.

Juara III Tk Prov Jabar keluarga Harmonis Dari Kec Soreang Tahun 2013.

Juara II TK Prov Jabar BKR Dari Kec Margahayu Desa Margahayu Selatan Tahun 2013.

Juara III Tk Prov Jabar UPPKS Dari Kec Cangkuang Tahun 2013.

Juara II Tk prov Jabar Kader Posyandu Ida Widanengsih Desa Nagrog Kec Cicalengka Tahun 2013.

Juara I Tk Prov Jabar PHBS Dalam Kegiatan Kesrak PKK, KB Kesehatan Tahun 2014 Desa Nagrak Kec Pacet.

Juara I Tk Nasional PHBS Pakarti Madya Tahun 2014.

Juara II Tk Prov Jabar Lomba Cipta Menu Keanekaragaman Khas Daerah Tahun 2014.

Juara I BKL Tk Prov Jabar Tahun 2014 Juara I Kreatifitas Peka Prov Jabar.

Juara I Tk Prov Jabar P2WKSS Tahun 2014 Desa Mandalawangi Kec Nagreg.

Terbaik II Tk Prov Jabar PHBS Dalam Kegiatan Kesrak KB Kesehatan Tahun 2014 Desa Langonsarikec Pameungpeuk Pelaksanan Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat Program Pemberdayaan Masyarakat Bidang Sanitasi Di Kabupaten Bandung.

Juara III Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2016 Lomba Cipta Menu Olahan Etnik Berbahan Baku Lokal Terbaik I Tingkat Provinsi Jawa Barat Pelaksana Administrasi PKK Tahun 2016 Terbaik I Tk Prov Jabar Tahun 2016 Pelaksana Hatinya Pkk Yang Diwakili Oleh Desa Cibiru Wetan Kec Cileunyi.

Terbaik II Tk Prov Jabar Tahun 2017 Pelaksana PHBS Yang Diwakili Oleh Desa Cibodas Kecamatan Pasir Jambu.

Juara I Tk Prov Jabar Tahun 2018 PHBS Yang Diwakili Oleh Desa Mandalamekar Kec Cimenyan Juara I Tk Prov Jabar Tahun 2019 PHBS Yang Diwakili Oleh Desa Baros Kec Arjasari.

Juara I Tk Prov Jabar Lomba Hatinya Pkkk Desa Mandalamekar Kec Cimenyan Tahun 2019.

Teh Nia merupakan putra asli warga kabupaten Bandung asal Ciparay yang beralamatkan di Jl. Laswi No 380 RT 04 RW 09 Desa Gunungleutik Kecamatan Ciparay tentunya sangat memahami dengan baik masalah pembangunan yang ada di Kabupaten Bandung sekaligus ia-pun faham bagaimana menyelesaikan berbagai persoalan yang selama ini dihadapi oleh Pemerintahan Kabupaten Bandung di masa yang akan datang.

Hal itu didasarkan pada dua  hal yang dimilikinya dalam memperkuat kepemimpinan efektif yakni kecakapan teknis dan kecakapan managerial yang profesional.

Pendekatan yang akan dilakukan Teh Nia selanjutnya Menjadikan Kabupaten Bandung Yang Unggul, :

Unggul Pelayanan Publik, Pelayanan Kesehatan dan Pemantapan Infrastruktur dengan Tagline “ Melayani dengan Hati.” Inilah osok Teh Nia yang ingin berperan serta dalam rangka “Ngageulisan” kabupaten Bandung 5 tahun kedepan Nasrun Minnallohi wa Fathun Qorib...

( Saufat Endrawan )

Editor: Administrator

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Yanto Setianto Janji Memenangkan Pasangan Nia - Usman di Dapil 2
Enam Paguron Pencak Silat Dukung Teh Nia Jadi Bupati Bandung
Calon Bupati Bandung Teh Nia Sosok yang Banyak di Idolakan Mulai Kalangan Anak-Anak, Kaum Millenial hingga Orang Dewasa
H. Dagus, S.Ip: Teh Nia Sosok yang Paham Ekonomi Rakyat