Ini Alasan Kab. Bandung Ditunjuk jadi Tuan Rumah City Sanitation XXI/2023

Ketum AKKOPSI Puji Konsep Pembangunan Dr. Dadang Supriatna Berbasis Lingkungan dan Penghijauan

foto

Saufat Endrawan

Puluhan Burung Merpati Dilepas ke Alam Bebas saat Kick Off City Sanitation ke-XXI/2023 di Lapangan Upakarti, Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat (17/3)

Opininews.com, Bandung -- Ketua Umum AKKOPSI Ahmed Zaki Iskandar, M.Si memuji keberhasilan Dr. H.M. Dadang Supriatna, S.Ip,.M.Si dalam memimpin dan melaksanakan program pembangunan di wilayahnya yang lebih mengedepankan tata ruang yang berbasis kepada kepedulian lingkungan serta penghijauan.

"Konsep ini harus diikuti oleh kepala daerah lainnya di Indonesia. Dan ini akan menjadi model yang dapat kami ikuti di Kabupaten Tanggerang," kata Ketua Umum AKKOPSI Ahmed Zaki Iskandar, kepada www.opininews.com, usai membuka kegiatan Kick Off City Sanitation Summit XXl di Lapangan Upakarti,  Soreang Kabupaten Bandung, Jumat (17/3) siang.

Ahmed Zaki yang juga Bupati Tanggerang dua periode ini mengaskan, kenapa AKKOPSI menunjuk Kabupaten Bandung yang dipimpin oleh Pak Dr. Dadang Supriatna menjadi tuan rumah, "Yah karena Bupati Bandung ini dinilai dapat dan mampu menangani berbagai hal baik masalah sanitasi di wilayahnya, penanganan keruskan hutan serta lingkungan. Yang terakhir bagaimana cara beliau menangani kerusakan alam, terutama kerusakan kerusakan lahan tanaman rawa Edelweia di Ranca Upas, Ciwidey yang biral di Medsos,," tandasanya.

"Jadi sangat tepat jika event nasional City Sanitation Summit XXI kami percayakan kepada Pak Dr. Dadang Supriatna, Bupati Bandung," tandasnya.

Pada kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Bupati dan Walikota Se Indonesia.

Bupati Bandung pada kegiatan ini didampingi Sekda Kabupaten Bandung, Dr.H. Cakra Amiyana, ST, MA, Kadis LH, H. Asep Kusumah, S.Sos, M.Si, Kepala DPMPTSM, Ir. H. Ben Indra, M.Si, Kepala BKPSDM, Drs. H.Akmad Djuhara, M.Si, Kepala Dispora, Ir. H. Kawaludin, M.Si, Kepala Disparbud, Wawan A Ridwan, M.Si, Kadishub, Drs. H. Iman Irianto Sujana, M.Si, Kepala Bapenda, Erwan Kusuma, M.Si, Kepala BAKD, Dr.H. Marlan, Kadis Damkar, Hilman, M.Si, Sekdis Perkimtan, Ir. Cecep Mulayana, M.Si, serta Kadis pendidikan dan Kadis dan Sekdis PUTR, juga para Assisten Kabupaten Bandung, Camat Se Kabupaten Bandung. serta para perwakilan dari Polresta Bandung, Kodim serta Pejabat TNI AU Lanud Sulaeman.

Pada Kesempatan ini para pimpinan pusat AKKOPSI, perwakilan Bupati dan walikota se Indonesia, Sekda dan kepala dinas di Pimpin Bupati Bandung, Dr. Dadang Supriatna, menanam pohon "DS" serta melepas benih ikan di kolam dan lahan yang dikelola oleh Disparbud Kabupaten Bandung.

Ketua AKKOPSI, Ahmed Zaki Iskandar adalah seorang politikus Indonesia yang menjabat Bupati Tangerang selama dua periode yakni 2013—2018 dan 2018—2023. Zaki pernah menjabat sebagai Anggota DPR RI periode 2009—2013.

Bupati Bandung, Dr. Dadang Supriatna menuturkan Kabupaten Bandung menggelar Kick Off City Sanitation, dalam rangka menyambut event nasional City Sanitation Summi (CSS) XXI tahun 2023.

Sesuai keputusan Pengurus Pusat AKKOPSI (Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi), Kabupaten Bandung ditetapkan menjadi tuan rumah kegiatan CSS ke-XXI. Kegiatan ini lanjut Bupati, akan dilaksanakan mulai 21 Mei hingga 21 Juni 2023 mendatang.

Kegiatan ini dihadiri juga tamu dari Sekretariat Nasional AKKOPSI.

"Kabupaten Bandung sebagai daerah perkota kini tengah menghadapi perkembangan pesat, memiliki tantangan tersendiri dalam fokus percepatan pemenuhan kebutuhan dasar sanitasi. Peningkatan kesadaran dan perilaku masyarakat tentang sanitasi merupakan salah satu upaya percepatan dalam menciptakan lingkungan sehat dan layak huni," jelas Dr. Dadang Supriatna.

"Kabupaten Bandung, lanjut Bupati, memiliki komitmen nyata dalam rangka percepatan sanitasi permukiman, yang telah tergabung dalam Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi), dibuktikan dengan menjadi tuan rumah City Sanitation Summit ke-21," ujar Bupati Bandung.

"Saya berharap saat pelaksanaan CSS ke-XXI ini dapat dirasakan manfaatnya tidak hanya oleh Kabupaten Bandung, tapi juga oleh  kawasan Bandung Raya dan Jawa Barat secara regional," kata Dr. Dadang Supriatna..B

Dr. Dadang Supriatna berharap CSS ke-21 ini dapat menjadi langkah awal untuk memberikan kontribusi, serta semangat bagi seluruh sektor baik pemerintah, masyarakat, swasta, akademisi dan media dalam percepatan sanitasi yang layak dan sehat.

CSS tutur Bupati, sebuah wadah.atau ajang pertemuan untuk bertukar pengalaman, pengetahuan terhadap kegiatan sanitasi.

"Hasil dari pertemuan ini diharapkan dapat terbangunnya kemitraan dan mendorong upaya advokasi, promosi dan kampanye untuk pembangunan sanitasi di Indonesia agar Indonesia maju di tahun 2045," ungkap Dr. Dadang Supriatna.

Sanitasi jelas Dr. Dadang Supriatna, merupakan kebutuhan dasar manusia dan menjadi salah satu capaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG) pada sektor lingkungan hidup, untuk memastikan masyarakat dapat mencapai akses air bersih, sanitasi layak dan lingkungan layak huni.

Kick.Off ini ditandai dengan pelepasan ratusan balon gas ke udara serta pelepasan ke alam bebas puluhan burung merpati.

( Saufat Endrawan )

Editor: Saufat Endrawan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Anang Susanto Beri Tiket Gratis Ke Tanah Suci kepada Puluhan Warga Kab. Bandung
Dadang Supriatna: SK Pelantikan tak Berubah Hanya Seremoni Pelantikan Saja yang Di Ulang
Satres Narkoba Polresta Bandung Bagikan Ratusan Paket Takjil Gratis
Ratusan Anak Yatim Piatu Bahagia Dapat Bingkisan dan Uang Ketupat dari Anang Susanto
Bupati Serahkan Bonus Kepada Atlet dan Pelatih yang Berlaga di Ajang Sea Games dan Asian Games