Banyak Usia Muda Minta Dinikahkan Karena Sulitnya Masuk SMAN

Guru Besar UPI Dukung Keinginan Bupati Bandung Pengelolaan SMA/SMK Dikembalikan ke Kabupaten dan Kota

foto

Saufat Endrawan

Guru Besar UPI Bandung Dukung Bupati Bandung Mengembalikan Pengelolaan Dunia Pendidikan SMA/SMK kepada Pemerintahan Kabupaten dan Kota

Opininews.com, Bandung - Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Prof. Dr. Abdul  M Somad, M.Pd mendukung ide cemerlang Bupati Bandung, Dr. H.M. Dadang Supriatna, S.Ip, M. Si mendesap kepada pemerintah agar pengelolaan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan SMK dikembalikan kepada Kabupaten dan kota seperti sebelumnya, agar pelayanan dan pengelolaan pendidikan yang tak banyak birokrasi dan semakin panjang.

"Selama keinginan mengembalikan pengelolaan pendidikan tingkat SMA/SMK ke Kabupaten dan kota seperti tahun-tahun lalu demi kebaikan, maka saya akan mendukung Pak Bupati Bandung," tegasnya kepada www.opinnews.com

Sebelumnya Bupati Bandung, Dr. H.M. Dadang Supriatna mendesak kepada pemerintah juga Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, agar pengelolaan dunia pendidikan tingkat SMA/SMK diserahkan pengelolaan kembali ke Kabupaten dan kota.

"Banyak keluhan dari masyarakat dan tokoh masyarakat dan orang tua siswa semakin sulit untuk masuk sekolah SMK/SMK karena semakin banyak birokarsi dan semakin panjang menempuh proses jika ada masalah karena harus kentngkat provinsi. Akhirnya  banyak warga usia muda yang tidak melanjutkan sekolah kenjenjang SMA dan malah memilih untuk menikah," tutur Bupati Bandung.

Jika kondisi ini dibiarkan, maka akan semakin generasi muda tidak melanjutkan sekolah, sementara pengawasan terhadap sekolah oleh petugas Dinas Pendidikan Jabar juga tidak maksimal karena terlalu jauh dan tidak terjangkau.

Lebih jauh Dadang Supriatna menegaskan Meski SMK/SMK dikelola oleh Pemerintah Provinsi, namun tetap saja jika ada masalah kondisi sekolah yang memprihatinkan, kondisi ruang belajar dan kurangnya daya tampung siswa masyarakt datangnya kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung bukannya kepada Dinas Pendidikan Jawa Barat.

"Untuk menjawab keluhan masyarakat kepada saya sebagai Bupati Bandungz diatarannya  minimnya jumlah sekolah SMA/SMK Negeri di Kabupaten Bandung, maka saya akan bangun sekolah negeri baru agar mutu dan indek dari sektor pendidikan semakin meningkat," jelas Dadang Supriatna, Bupati Bandung yang dikenal dengan panggilan Kang DS.

( Saufat Endrawan )

Editor: Saufat Endrawan

Bagikan melalui
Berita Lainnya