Tidak Ada Mahar bagi Bacaleg yang Penting Penuhi 3 AS

Saeful Bachri: Partai Demokrat Incar Sebelas Kursi DPRD Kab. Bandung

foto

Saufat Endrawan

Partai Demokrat Serahkan 55 Berkas Bacaleg ke KPU Kab. Bandung

Opininews.com, Bandung -- Partai Demokrat Kabupaten Bandung menjadi salahsatu Partai yang siap untuk maju dalam perhelatan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang.

Kesiapan ini dibuktikan dengan telah menyerahkan berkas sebanyak 55 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung, Kamis (11/5) sore.

Berkas Bacaleg Anggota DPRD Kabupaten Bandung diserahkan langsung Ketua DPC Demokrat Kabupaten Bandung, H. Saeful.Bachri, M.A.P kepada Ketua KPU Kabupaten Bandung, H. Agus Baroya serta jajarannya.

Kekompakan terlihat hampir seluruh pengurus inti mulai dari Ketua Umum, Wakil Ketua Sekjen, Bendahara serta tim pemenangan dan Anggota DPRD hadir serta pengurus lainya daat penyerahan berkas ini.

Dari 14 Parpol yang rencananya akan mendaftar dan menyerahkan berkas Bacaleg, hingga Kamis (11/5) baru empat Parpol yaitu Partai Demokrat, PDIP, PKS dan NasDem.

Namun Partai Demokrat Parpol yang telah memenuhi persyaratan 30 Persen Bacaleg diantaranya adalah perempuan.

Jadi sangat wajar jika partai yang didirikan Mantan Presiden RI, Susilo Banbang Yudhoyono (SBY) yang kini Ketua Umumnya AHY menargetkan raih sebelas kursi untuk Anggota DPRD Kabupaten Bandung.

"Partai Demokrat partai yang banyak orang mendaftar jadi Bacaleg DPRD Kabupaten Bandung.Dari 70 lebih orang yang mendaftar telah kami seleksi secara profesional menjadi 55 Caleg dan telah kami serahkan berkasnya ke KPU Kabupaten Bandung," kata Syaeful Bachri kepada www.opininews.com, Kamis  (11/5).

Diakui Ketua DPC Partai Demokrat, partainya tidak kekurangan Bacaleg, rata-rata pendidikan mereka sarjana, pasca sarjana hingga pendidikan S3 (doktor).

Tidak hanya itu, jelas Saeful, para Bacaleg berasal dari internal partai, mantan anggota DPR, pengusaha, tokoh masyarakat, serta tokoh pendidikan juga pengelola dunia pendidikan dan para profesional lainnya.

"Partai Demokrat tidak membebankan mahar atau biaya lainnya kepada para Bacaleg. Yang penting mereka memiliki masa, dekat dengan masyarakat, memiliki program yang jelas, berdedikasi, memiliki loyalitas yang tinggi kepada Partai dan profesional," tegas Saeful.

"Ada tiga AS dalam menentukan bacaleg, yaitu kelengkapan berkas, intelektualitas dan elektabilitas. Bacaleg tersebut berasal dari berbagai kalangan, seperti tokoh pergerakan, pemuda, pengusaha, pendidikan dan tokoh masyarakat. Dan 30 persen kuota perempuan sudah kami penuhi," jelas Saeful.

Dijelaskan Saeful, saat ini Partai Demokrat memiliki lima kurasi di DPRD Kabupaten Bandung hasil Pileg 2019 lalu. Saya optimis pada Pileg 2024 menjadi sebelas kursi.

Berdasarkan hasil Survey Partai Demokrat Kabupaten Bandung selalu masuk tiga besar parpol yang akan memenangkan pileg 2024.

Ketua KPU Kabupaten Bandung, Agus Baroya mengatakan Partai Demokrat menjadi parpol keempat yang telah menyerahkan daftar dan berkas Bacaleg.

Enam parpol lainnya diantaranya Partai Golkar dan PAN akan mendaftar dan menyerahkan berkas bacalegnya, Jumat (13/5).

( Saufat Endrawan )

Editor: Saufat Endrawan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Acep Ana Kembali Mewakili Dapil 4 Duduk di Kursi DPRD Kab. Bandung
Kang DS Ajak dan Undang Relawan Bedas untuk Hadir Giat Temu Kangen dan Deklarasi
Sugianto: Wartawan Harus Jadi Mitra Strategi DPRD Kab. Bandung
Asep Ikhsan Tawarkan Graha Wirakarya untuk Posko Pemenangan Dadang Supriatna Pilkada 2024
Deklarasi Empat Parpol Mempertegas Pilkada Kabupaten Diikuti Dua Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati