Ketua DPRD Kab. Bandung Dukung BUMD Peduli Covid - 19

BPR Kerta Raharja Distribusikan Bantuan 540 Paket Sembako Kepada Warga Terdampak Covid - 19

foto

Saufat Endrawan

Direktur Kepatuhan BPR Kerta Raharja, H. Beni Subarsyah, SE, MM, Secara Simbolis Serahkan Bantuan Paket Sembako Kepada Ketua RW 14 Desa Pamekaran, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, di Halaman Kantor BPR Kerta Raharja di Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (4/5/2020)

Opininews.com, Bandung -- BPR Kerta Raharja Kabupaten Bandung berikan bantuan paket sembako kepada warga yang tinggal di sekitar Desa Pamekaran, Soreang dan disetiap daerah yang ada cabang Kantor BPR Kerta Raharja disetiap kecamatan di Kabupaten Bandung, yang terdampak Covid - 19, Senin (4/5/2020).

Sembako yang dibagikan sebanyak 540 paket kepada warga yang terdampak Covid - 19. Selain membantu program pemerintah Kabupaten Bandung dalam penanggulangan dampak ekonomi dari Covid - 19. Namun juga salahsatu CSR Bank BPR Kerta Raharja kepada masyarakat Kabupaten Bandung.

Direktur Utama BPR Kerta Raharja, H. Moch Soleh Pios SE., yang diwakili Direktur Kepatuhan, H. Beni Subarsyah, SE., MM, kepada www.opininews.com, menuturkan, bhaksi sosial dengan peduli kepada masyarakat yang terdampak ancaman Virus Corona (Covid 19), BPR Kerta Raharja memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat yang tinggal di lingkungan kantor BPR Kerta Raharja, baik pusat maupun cabang.

"Sebanyak 540 paket sembako kami bagikan kepada warga yang terdampak Covid - 19, dimana 50 paket sembako didistribusikan melalui kantor pusat, 50 paket sembako didistribusikan melalui kantor cabang Banjaran dan 13 kantor cabang akan mendistribusikan 33 paket sembako," tutur Beni.

BPR Kerta Raharja menganggarkan Rp. 50 juta dari dana CSR, yang merupakan laba yang diperoleh ditahun 2019.

Pihaknya, lanjut Beni, sengaja mencadangkan dana CSR untuk dipakai membantu masyarakat yang terkena dampak dari adanya Virus Corona (Covid 19).

"Untuk teknisnya, kita bekerja sama dengan RW setempat, didampingi oleh Bhabinkamtibnas Polsek Soreang. Cara ini dilakukan agar tidak menimbulkan kerumunan dan tepat sasaran," kata Beni.

Beni menilai, bahwa perangkat RW adalah pejabat yang mengetahui kondisi masyarakatnya. Sehingga, dengan melakukan kerjasama pendistribusian bantuan melalui RW, diharapkan bantuan bisa tepat sasaran dan tidak ada masyarakat yang mendapatkan double bantuan.

"Jangan sampai ada masyarakat yang dapat bantuan dua kali," jelas Beni.

Sementara itu, Ketua RW 14, Agus Ruhiyat, mengucapkan terima kasih kepada BPR Kerta Raharja, yang sudah berkontribusi untuk membantu masyarakat, melalui pembagian paket sembako ini.

"Dengan adanya pandemi ini, memang berdampak terhadap perekonomian masyarakat, misalnya banyak pekerja yang dirumahkan. Dengan bantuan ini, sangat meringankan beban warga kami," jelas Agus.

Bhabinkamtibmas Desa Pamekaran, Bripka Santosa, mengungkapkan bahwa ada sekitar 2.700 warga Desa Pamekaran yang berstatus miskin baru (misbar), sehingga bantuan dari BPR Kerta Raharja ini sangat bermanfaat.

"Dengan adanya bantuan ini, warga kami sangat terbantu," ucap Santosa.

Santosa menambahkan, bahwa di Desa Pamekaran sudah dibentuk satgas Covid 19. Pihaknya menghimbau bagi masyarakat yang datang dari luar mudik, untuk melapor kepada perangkat daerah setempat. Kemudian akan dilakukan pengecekan kesehatan terhadap masyarakat yang nekat mudik.

"Masyarakat yang nekat mudik wajib karantina mandiri," kata Santosa.

Ditempat terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Bandung, H. Sugianto, S.Ag, M.Si, memberikan. apresiasi terhadap apa yang telah dilakukan oleh Managemen BPR Kerta Raharja, dengan membagikan CSR kepada warga masyarakat berupa bantuan sosial pembagian paket sembako kepada ratusan keluarga yang terdampak Covid - 19.

"Saat ini tidak hanya mengandalkan pemerintah saja untuk peduli kepada masyarakat yang terdampak Covid - 19. Bencana virus corona (Covid -19) ini bencana nasional hingga internasional. Jadi siapapun yang mampu bisa berbuat berbuatlah untuk masyarakat dengan meringankan beban warga yang terdampak," ungkap Sugianto.

Saat ini lanjut Sugianto, banyak warga yang dirumahkan dan di PHK akibat perusahaan tutup dampak dari Covid - 29. Akhirnya, banyak warga yang alami miskin baru.

"Jadi bantuan sembako saat ini adalah bantuan yang tepat bagi mereka. Saya berharap, apa yang dilakukan oleh BPR Kerta Raharja dapat ditiru oleh BUMD lainya serta institusi perbankan swasta lainnya dan perusahaan swasta yang ada di Kabupaten Bandung," imbau Sugianto.

Editor: Saufat Endrawan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Suparman Pimpin Distrik DPD Kab. Bandung LSM GMBI
Ormas BBC Kab. Tasikmalaya Gelar Donor Darah dan Bhakti Sosial
Tasikmalaya Rayakan HUT Ke - 388
Bakal Calon Bupati Dadang Supriatna Tunggu Scenario Alloh SWT