Dadang Supriatna: Kok Ada Sudah 30 Tahun Develover Belum Serahkan PSU ke Pemkab Bandung

Penyerahan PSU Perumahan Kepada Pemda Harapan Bupati Bandung dan KPK

foto

Saufat Endrawan

Bupati Bandung, Dr. H.M. Dadang Supriatna Terima PSU dari Salahsatu Pengembang Perumahan, Senin (5/2).

Opininews.com, Bandung -- Bupati Bandung, Dr. H.M. Dadang Supriatna, S.Ip, M.Si berharap pengembang perumahan segera menyerahkan PSU kepada Pemerintah Kabupaten Bandung.

"Terlambatnya Penyerahan  Prasarana dan Utilitas (PSU) Perumahan dari pengembang kepada Pemkab Bandung menjadi sorotam KPK. Alhamsulilah dalam setahum sejak 2023 Kabupaten Bandung mencapi target 10  pengembang telah menyerahkan PSU kepada Pemkab Bandung," kata Bupati kepada www.opininewa.com, di Bandung, Senin (5/2).

"Selama saya memimpin Kabupaten Bandung, jelas Dadang, sudah 51 PSU disrahkan ke Pemkab Bandung. Kumlah PSU yang telah diserahkan ke Pemkab Bandung totalnya 460 perumahan," jelas Bupati.

Yang terakhir mejyerahkan PSU lanjut Bipati, Perum LJBR dan Perum RI di Fesa Jelegong Kecamatan Rancaekek, Senin (5/2).

"Pekan  ini saya akan kembali menerima PSU  enam perumahan," ungkap bupati.

Bupati bingung "kok masih ada  30 tahun perumahan berdiri, di Kecamatan Cileunyi belum menyerahkan PSU. Setelah ei cek, developernya kabur.

"Pemerintah harusnya  hadir dalam kejadian seperti ini untuk menyelesaikan masalahnya.  Sejak saya menjadi Bupati, klausul dalam Peraturan Daerah (Perda) maupun Peraturan Bupati (Perbup) yang dinilai  ada aturan menghambat, saya revisi. hingga lahirlah Perbup Kabupaten Bandung Nomor 4 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyediaan, Penyerahan, dan Pengelolaan Prasarana, Sarana, dan Utilitas Umum Perumahan dan Permukiman.

"Hasilnya, penyerahan PSU yang sebelumnya selalu lambat  kini bisa dipercepat, karena aturan  yang dinilai menghambat saya pangkas. Persyaratan serah terima PSU pun lebih ringkas" ungkap Dadang Supriatna.

( Saufat Endrawan )

Editor: Saufat Endrawan

Bagikan melalui
Berita Lainnya