Disbudpar gandeng Pesantren Budaya Giriharja Kenalkan Budaya kepada Ratusan Pelajar

Disbudpar dan Pesantren Budaya Giriharja Gelar "Apresiasi Seni Tradisi untuk Generasi Muda"

foto

Saufat Endrawan

Ratusan Pelajar di Kabupaten Bandung diajak Disbudpar Kabupaten Bandung dan Pesantren Budaya Giriharja doajal Mengenal Budaya Asli Kabupaten Bandung

Opininews.com, Bandung - Dalam Rangka Kegiatan Pembinaan Sumber Daya Manusia , Lembaga dan Pranata Tradisional, Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bandung, dengan Kepala Dinasnya, H. Wawan Ahmad Ridwan, S.STP. M.Si, menggelar kegiatan budaya dengan tema " Apresiasi Seni Tradisi untuk Generasi Muda" di Pesantren Budaya Giriharja Jelekong, Baleendah Kabupaten Bandung, sejak Jumat - Sabtu, tanggal 24-25 November 2023.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 ( dua ) Hari di isi berbagai acara yang sangat menarik dan atraktif, Selain tampilan kesenian Tari, Kaulinan barudak, juga ada Workshop dimana BUDPAR Kab Bandung mendatangkan Narasumber dari para Akademisi juga Praktisi seni sunda dan Budaya Tradisi.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini diataranya Kaum Generasi Muda Usia Sekolah. Hari Pertama peserta yang hadir sangat diluar dugaan, begitu antusiasnya para peserta yang diharapkan sekitar 300 orang ternyata melebihi Quota yang ada.

Kegiatan ini di buka Plt Kepala Bidang Budaya ,Kang Vena Andriawan dihadiri oleh perangkat pemerintah Daerah dari Kelurahan, Kecamatan juga Pejabat  Dinas BUDPAR Kabupaten Bandung.

Pada siang harinya Kepala Dinas BUDPAR, H Wawan berkenan menghadiri setelah kegiatan pagi beliau sudah dilaksanakan.

Acara pertama  diisi dengan Tarian Topeng , kemudian dijelaskan oleh nara sumber apa itu Tari tersebut, dilanjutkan dengan tarian Jaipong.

Setelah melaksanakan Shalat Jumat, Peserta yang berasal dari SDN Giriharja, SD Cangkring 4, SMP Al Qonaah yang semuanya berada di Kecamatan Baleendah Makan siang Bersama.

Kang Hendrie atau akrab di sapa kang ndik sebagai kordinator pelaksana Acara yang juga pengelola Pasantren Budaya Giriharja kepada www.opininews.com, mengatakan, sangat bangga dan terharu dengan apresiasi dan aktifnya peserta dalam acara tersebut.

" Re'eus Pisan kang.., teu sangki peserta seeur anu sumping, dina keterbatasan waktu ( jumat ), ku sumpingna wae atoa bungah komo bari aktif.. luar biasa, apresiasi sareng ngahaturkeun rebu nuhun ka para guru pendamping.. kepala Sekolah anu tos ngawidian para murid murid kanggo menghadiri Acara ieu" pungkasnya.

Pada Hari Ke-2 kegiatan ini di hadiri Peserta dariSDN Manggahang 1 , Manggahang 2, dan SMP GEMAH Jelekong.

Kang Vena mengatakan, kegiatan ini akan rutin dilaksanakan sesuai arahan Pak Bupati Bandung, Dr. H. M. Dadang Supriatna, S. Ip.

“Kegiatan ini juga mengacu kepada 13 Program Unggulan Bedas, dimana muatan lokal harus mulai diajarkan sejak SD, seperti belajar bahasa sunda, menggenal budaya dan kesenian Kabupaten Bandung serta berbudaya dan memiliki adab baik kepada sesama dan kepada yang lebih tua dan orang tua, “ jelas Vena.

( Saufat Endrawan) 

Editor: Saufat Endrawan

Bagikan melalui
Berita Lainnya