H. Teguh Purwayadi, S.STP, M.Si

Kepemimpinan Bupati Dr. H.M. Dadang Supriatna, S.Ip, M.Si Membawa Kabupaten Bandung Raih Peringkat Tertinggi Penilaian IPLM

  • Rabu, 22 Maret 2023 | 09:21 WIB
foto

Bupati Bandung, Dr.H.M. Dadang Supriatna, S.Ip, M.Si - Plt Kadispusip Kab. Bandung, H. Teguh Purwayadi, S..STP, M.Si

Penulis: Teguh Purwayadi

Opininews.com -- Fungsi Perpustakaan dan Arsip untuk meningkatkan budaya literasi dan kearsipan sekaligus berperan dalam pemilihan ekonomi dan berkontribusi dalam kemajuan bangsa.

Perpuatakaan sangat berperan dalam memperkuat literasi masyarakat agar mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia (SDM).

Pemerintah Kabupaten Bandung dengan semangat Bedas, pada tahun 2023 ini telah memberikan pelayanan perpustakaan keliling kepada masyarakat, layanan motor baca dan mudah-mudahan akan ada penambahan unit motor baca dari Bantuan Keuangan Provinsi Jawa Barat sebanyak tujuh unit motor.

Tidak hanya itu program  Baca Digital di Mall Pelayanan Publik, Perpustakaan Elektronik Keliling dan Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) yang merupakan bantuan dari Provinsi Jabar, serta Digital Ibandungkab telah dapat dirasakan oleh masyarakat.

Inovasi yang akan dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Bandung, diantarannya program Sang Bedas (Sasakala Dongeng Bandung Bersama Ki Bedas). Yaitu inovasi sub kegiatan yang ada di bidang PKMBPNK dengan mengedepankan kegiatan kearifan lokal, diantarannya lomba menuturkan dongeng atau cerita dari koleksi bahan pustaka naskah kuno yang ada di setiap desa di Kecamatan se Kabupaten Bandung.

Serta kegiatan lainnya diantarannya Bedas Literasi Ramadhan (Berlian), Jelajah Literasi Asyik (Jelita), Wisata Literasi Bedas (Wali Bedas), Perpustakaan Sahabat Anak (Pesan Bedas), Literasi Cerita untuk Mewujudkan Generasi Muda yang Tangguh (Lentera Langit), Manajemen Arsip mulai dari rumah (Marimar), serta program Sistem Informasi Pencarian Arsip secara Cepat (Silancar Bedas).

Yang sangat membanggakan di era Kepemimpinan Bupati Bandung, Dr. H.M. Dadang Supriatna S.Ip, M.Si, Kabupaten Bandung berada di Peringkat ke-1 antar Kabupaten se Jawa Barat dalam penilaian  IPLM dengan kategori nilai tertinggi.

( H. Teguh Purwayadi, S.STP, M.Si. - Plt  Kepala Dispusip Kab. Bandung )

Editor: Saufat Endrawan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Dubes RI Menilai Kebijakan Ekonomi Dadang Supriatna Pro Rakyat, Petani dan Pengusaha
Panen Prestasi, Dadang Supriatna Unggul dalam Pilkada Kab. Bandung
Dadang Supriatna Saksikan Jenazah Belum Di Bungkus Kain Kafan Karena Sulit Mendapatkannya
Dadang Supriatna Menguatkan Dakwah Islamiyah di Kabupaten Bandung
Mensos Beri Penghargaan Kepada Kompol Galih Apria atas Pedulinya Kepada Ilham Ramadhan