Hasil Survey LSI Dadang Supriatna - Sahrul Gunawan Tertinggi Pilihan Rakyat

Dadang Supriatna - Sahrul Gunawan Menang Pilkada jika Digelar Hari Ini

foto

Reza Anugrah Surya Dharma

Dadang Supriatna - Sahrul Gunawan Menjadi Bupati dan Wakil Bupati Jika Pilkada Digelar Hari Ini (www/opininews.com/reza anugerah surya dharma)

Opininew.com, Bandung -- Dadang Supriatna dan Sahrul Gunakan dapat memenangkan Pilkada jika Pilkada Kabupaten Bandung di digelar hari ini, Rabu (29/7).

Hal ini jika mengacu kepada hasil Survey Lingkaran Survey Indonesia (LSI) Network.

Keputusan tiga parpol, PKB, Nasdem dan Demokrat mengusung pasangan Dadang Supriatna (DS)- Syahrul Gunawan (SG) menjadi kandidat Bupati dan Wakil Bupati Bandung periode 2020 - 2025 adalah pilihan tepat dan sangat potensial memenangkan Pilkada lima tahunan Kabupaten Bandung yang dilaksanakan, 9 Desember 2020 mendatang.

"Dadang Supriatna - Sahrul sosok yang memiliki bekal elektabilitas yang saling menguatkan," kata peneliti senior Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network Denny JA, Toto Izul Fatah kepada Awak Media di Bandung, Jabar, Rabu (29/7).

“Jika merujuk data survei beberapa bulan lalu, pasangan DS-SG memiliki bekal elektabilitas yang cukup tinggi. Jika kedua figur itu berduet, potensi memenangkan Pilkada Kabupaten Bandung sangat besar,” tegasnya.

Menurut Toto, Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, dalam survei yang pernah dilakukannya, walaupun sudah lebih dari 4 bulan, terdapat empat besar calon yang memiliki elektabilitas cukup bagus, Gun-Gun Gunawan, Wakil Bupati Bandung saat ini, dengan elektabilitas 20,9%, Syahrul Gunawan, artis (20,5%), Dadang Supriatna, anggota DPRD Propinsi Jabar (14,3%) dan Kurnia Agustin Naser, istri Dadang Naser, Bupati saat ini (13,9%).

Diluar empat figur itu, para calon masih memiliki elektabilitas dibawah 7%. Namun hasil survey ini dilakukan pada saat semua calon belum melakukan berbagai sosialisasi yang massif, dan belum ada simulasi pasangan, karena tarik menarik parpol pengusung yang masih sangat dinamis.

Yang jelas, kata Toto, dari empat figur di atas, nama Syahrul Gunawan masuk dalam kategori “Sosok cantik” yang jika dipinang salah satu calon sangat potensial menjadi kunci kemenangan. “Karena sosok cantik itu sekarang sudah dilamar, bahkan dipinang, DS lewat dukungan tiga parpol tadi, maka peta keterpilihan publik akan ikut berubah.

Pasangan DS-SG menjadi ancaman kandidat lain, baik Gun Gun maupun Kurnia Agustin. Sebab dengan duet dua figur itu, DS-SG, posisi elektabilitasnya semakin kokoh untuk menang,” tegasnya. kata Toto, perterunhan dalam perhelatan Pilkada akan sangat seru dan berimbang, jika Gun Gun berkolaborasi dengan Kurnia Agustin.

Meskipun, duet Gun Gun dengan Kurnia hampir mustahil terjadi, karena Kurnia sudah mengantongi rekomendasi DPP Partai Golkar untuk berpasangan dengan Usman Sayogi dari birokrat. Yang pasti, dengan lolosnya dua pasangan tadi, DS-Syahrul versus Kurnia Agustin- Usman Sayogi, suara Golkar sebagai pemilik kursi terbesar di Kabupaten Bandung akan terpecah, karena DS juga sebagai salah satu kader tulen Golkar.

Namun, Toto mengingatkan, suara parpol dan dukunan parpol pada Pilkada itu tidak berbanding lurus dengan kemenangan calon. Sebab, dalam Pilkada itu, kecendrungan prilaku pemilihnya akan sangat ditentukan pada kekuatan personal figur calon. J

sangat mungkin terjadi, Kurnia Agustin yang diusung Golkar sebagaipemegang suara terbesar bisa kalah karena personal figur DS lebih kuat.

Apalagi berduet dengan Syahrul Gunawan. Kendatidemikian, jika merujuk pada data survei LSI, peluang tetap terbuka lebar karena belum ada matahari tunggal di Kabupaten Bandung. Salahsatunya tergambar dari masih rendahnya baik tingkat pengenalan maupun kesukaan publik para calon yang masih rendah. Idealnya, calon yang menang di Pilkada itu harus memiliki tingkat pengenalan 80% keatas.

Sementara yang terjadi, masih rata-rata dibawah 70%. Begitu juga dengan strong supporter (pemilih militan) yang rata-rata masih dibawah 5%. Belum ada yang tembus di angka aman 25% keatas. ( Resa Anugerah Surya Dharma

Editor: Administrator

Bagikan melalui
Berita Lainnya