Media Harus Ikut Pantau Kades yang Bermain Dengan DD

KPK Pantau Kades Di Kab. Bandung Selewengkan DD dari Laporan Media

foto

Saufat Endrawan

Ratusan Kades Siap Berurusan Dengan KPK Jika Ada Pantauan Dari Media Menyelewengkan Dana Desa

Opininews.com, Bandung - Pasca Pelantikan Kepada Desa, ada agenda yang harus diperhatikan oleh masyarakat di Kabupaten Bandung.

Agenda tersebut diantarannya, bagaimana masyarakat dan aparat memantau kinerja mantan kepala desa dan  kepala desa terpilh dalam pengguanaan anggaran dana desa (DD) yang jumlah satu desa bisa mencapai hingga Rp 2 Miliar.

Benarkah dana desa digunakam pembangunan atau malah digunakan untuk berkampanye atau untuk memperkaya diri sendiri.

Sementara dari informasi dari tim penyidik, banyak para kepala desa yang harus mengembalikan dana teraebut karena digunakan untuk kepentingan sendiri dan ada juga yang merekayasa pelaporan.

Wakil Ketua Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata, berharap jurnalis juga ikut membantu penegak hukum memonitoring penggunaan Dana Desa (DD) dalam hal publikasi.

"Keterlibatan jurnalis dalam memonitoring penggunaan Dana Desa, bisa lebih cepat mengetahui adanya penyelewengan. Karena rekan media lebih aktif di lapangan," ujat Alexander.

Alexander juga berharap, para jurnalis ikut juga mengontrol penggunaan anggaran Dana Desa yang telah digunakan” ujarnya.

Alexander, ingin para jurnalis ikut mengontrol penggunaan Dana Desa (DD) yang digunakan kepala desa. Hingga titik kebenaran penggunaan anggarannya, dapat diketahui masyarakat.

“Saya ingin wartawan pantau penggunaan DD, apakah sudah sesuai dengan aspirasi masyarakat atau tidak, karena KPK tidak mungkin mengontrol turun ke desa-desa, jika bukan berasal bantuan dari rekan-rekan Media” kata Alexander Mawarta saat konferensi Pers di ball Room Maleo Hotel kemarin.

Editor: Saufat Endrawan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Dr. H.M. Dadang Supriatna S.Ip, M.Si Dianugerahi BUMD Award 2024
Ketua KONI Dampingi Bupati Bandung Safari Ramadhan di Nagreg
Inilah Top BUMD Award 2024 yang Diterima Bupati Bandung dan Dirut Perumda Air Minum Tirta Raharja