Kemanakah Selama Ini Kepala BKSDA Jabar...?

Kepala BKSDA Jabar dan Jajarannya Biarkan Cagar Alam Bojong Larang Jayanti Dirusak Oknum Warga

foto

Saufat Endrawan

Kemanakah Kepala BKSDA Jabar dan Jajarannya Hingga Tak Tahu Cagar Alam Bojong Larang Jayanti Diduga Dijarah Warga. (saufat endrawan/www.opininews.com)

Opininews.com, Cianjur --- Wilayah Cianjur rentan terjadi longsor akibat banyak hutan dan bukit yang rusak berubah fungsi, hingga Cagar Alam Bojong Larang Jayanti yang luasnya ratusan hektar oleh BKSDA Jabar dibiarkan dirusak oleh warga dengan merubah fungsi lahan menjadi lahan pertanian.

Serta oleh beberapa oknum warga cagar alam terssbut  ditebang pohonya secara seporadis.

Penjarahan Cagar Alam Bojong Larang Jayanti ini, diduga telah dijarah warga sejak bulan Juli 202O lalu.

Jangan disalahkan jika warga merusak cagar alam ini Karena warga pun kurang mendapatkan sosialisasi tentang penetapan penujukan hutan dijadikan cagar alam.

Karena plang cagar alamnya ajah sudah dicabut dan tergeletak di tempat sampah.

"Warga masih menebang pohon dan memanfaatkan lahan karena menganggap ini lahan milik warga yang akan diganti oleh pemerintah namun belum juga mendapatkan konvensasi," kata Mamang kepada www.opininews.com, di Cagar Alam Bojong Larang Jayanti, Cianjur, Sabtu (13/3).

Dalam pengelolaan hutan di kenal secara umum ada tiga klasifikasi fungsi hutan, mulai dari hutan produksi naik ke hutan lindung dan terakhir hutan konservasi.

Sementara hutan produksi dikelola untuk dapat diambil dan ditebang kayu nya dan arealnya dapat dijadikan lahan sumber pangan ( agroforestry ).

Sementara hutan lindung dapat diambil hasilnya terbatas pada non kayu dan tdk dpt diolah menjadi lahan pertanian( agroforestry), sumber pangan seperti bentuk buah, daun,madu,obat obatan dan lainya selain kayu.

Hutan konservasi tidak dapat diproduksi hanya bermanfaat untuk sumber air dan oksigen.

Jadi sangat disayangkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jabar yang diberi kewenangan mengurus cagar alam, tidak melakukan tugasnya menjaga hutan konservasi cagar alam dan hutan lainnya, apalagi membiarkan cagar alam tersebut menjadi lahan pertanian.

Masyarakat sudaj mengelola cagar alam tersebut jadi lahan pertanian. Kemana saja Kepala BKSDS Jabar dan jajarannya selama ini....?. ( Saufat Endrawan )

Editor: Saufat Endrawan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
DBD Ancam Warga Cangkuang, Puluhan Warga Gading Tutuka Giliran Masuk Rumah Sakit
Dadang Supriatna: SK Pelantikan tak Berubah Hanya Seremoni Pelantikan Saja yang Di Ulang
Bey Machmudin Kunjungi Pos Terpadu Cileunyi Bandung
Sesuai Arahan Mendagri Bupati Batalkan Posisi Ratusan Pejabat yang Dilantik Tanggal 22 Meret 2024
Ratusan Anak Yatim Piatu Bahagia Dapat Bingkisan dan Uang Ketupat dari Anang Susanto