Cita - Cita DS Ingin Mengembangkan Tegalluar jadi Kota Terpadu Akan Terwujud

Bupati Dadang Supriatna Akan Bangun Akses Jalan Tol Cigatas - Tegalluar

foto

Saufat Endrawan

Bupati Bandung, H.M. Dadang Supriatna Akan Bangun Jalan Tol Menuju Tegalluar

Opininews com, Bandung - Belum setahun menjabat Bupati Bandung, H.M. Dadang Supriatna selalu membuat terobosan, dan akan menjadikan Kabupaten Bandung sebagai Kabupaten produktif dengan berbagai fasilitas yang dapat membuat masyarakat, pelaku usaha dan investor nyaman.

Salahsatu program Bupati Bandung akan mempercepat dbangunnya Jalan Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya),.

Bupati mengusulkan pembangunan akses atau gerbang Tol Cigatas, di kawasan Kota Baru Tegalluar, Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung Dadang Supriatna kepada www.opininews.com, mengatakan,   usulan dibangunnya gate tol tersebut sangat penting bagi Kabupaten Bandiung, khususnya wilayah timur Kabupaten Bandung, juga dalam rangka percepatan pengembangan Kota Baru Tegalluar.

"Kita bersiap melakukan percepatan pengembangan Kota Baru Tegalluar. Kebetulan, pemerintah pusat akan membangun Tol Cigatas. Makanya kita usulkan untuk bisa dibangun akses tolnya di Tegalluar. Pendirian gate tol ini penting dan strategis untuk pengembangan Kota Baru Tegalluar ke depan," tandas Bupati Bandung, Kamis (25/11/21).

Percepatan pembangunan Kota Baru Tegalluar menurutnya akan mendorong akselarasi kegiatan ekonomi-sosial di Kawasan Terpadu Permukiman (KTP) Tegalluar Akses tol 1 dan 2 Tol Cigatas di Tegalluar ini nantinya pun akan memfasilitasi pergerakan lokal, regional dan nasional, dari dan menuju lokasi Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung, yang merupakan simpul transportasi di KTP Tegalluar.

"Kita juga memerlukan akses jalan baru, yang selama ini hanya mengandalkan jalan kolektor dan jalan arteri," imbuh bupati.

Alasan lainya, lanjut Dadang, gate tol Cigatas di Tegalluar perlu dibangun karena Tol Cigatas sendiri nantinya melintasi wilayah Kabupaten Bandung sepanjang 26 km.

"Sepanjang 26 kilometer dari Tol Cigatas ini melintasi wilayah Kabupaten Bandung. Jadi, sangat wajar kalau kita usulkan gate tol di wilayah Kabupaten Bandung juga, tepatnya di Tegalluar," ungkap Kang DS, sapaan Dadang Supriatna.

Kang DS juga ingin dalam program pembangunannya ada pemerataan, sehingga pembangunan di wilayah timur Kabupaten Bandung pun perlu mendapat perhatian lebih.

Menurutnya, pembangunan untuk akses Tol Cigatas ini pun bahkan sudah masuk dalam Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Terpadu Pemukiman (KTP) Tegalluar dan Bagian Wilayah Pengembangan (BWP) Bojongsoang. Padahal KTP Tegalluar dan BWP Bojongsoang ini merupakan program strategis pemerintah pusat, yang harus didukung pemprov (pemerintah provinsi) dan pemda (pemerintah daerah).

"Jadi, menurut kami sangat ironis kalau pemerintah pusat mengabaikan usulan pembangunan akses Tol Cigatas ini. Pertama, karena memang KTP Tegalluar dan BWP Bojongsoang ini merupakan proyek strategis pemerintah pusat. Kedua, karena sepanjang 26 kilometer Tol Cigatas itu melintasi wilayah Kabupaten Bandung," kata Kang DS. 

Sebetulnya sebelumenjafi Bupati Bandung, disaaz menjadi Anggota DPRD Kabupaten Bandung, Dadang Supriatna telah merencanakan membangun Kota Tegal Luar Terpadu. 

Dan cita - cita serta impiannya , Kang DS sejak lama akan terlaksana, sejalan dengan adanya program pemerintah pusat.

( SAUFAT ENDRAWAN )

Editor: Saufat Endrawan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Anang Susanto Beri Tiket Gratis Ke Tanah Suci kepada Puluhan Warga Kab. Bandung
Bey Machmudin Kunjungi Pos Terpadu Cileunyi Bandung
Mak Nisah Terharu dan Teteskan Air Mata Saat Tri Adhianto Saur di Rumahnya
Inilah Harapan Dede Yusuf di HUT Kab. Bandung ke-383
Kombes Pol Dr. Kusworo Wibowo dampingi Kapolda Tinjau Pos Terpadu Cileunyi