Jembatan Gantung Rengganis Terpanjang se Asia Tenggara

5000 Wisatawan Lintasi Jembatan Gantung Rengganis

foto

Saufat Endrawan

Manager Operasional Jembatan Gantung Rengganis, Hendrik Apialawan

Opininews.com, Bandung -- Jembatan Gantung Rengganis yang letaknya di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, menjadi destinasi wisata terpopuler bagi wisatawan yang akan berwisata ke wilayah Bandung Selatan, Jawa Barat.

Objek Wisata yang di klaim menjadi jembatan terpanjang se Asia Tenggara yang telah di soft launching oleh Bupati Bandung, H.M. Dadang Supriatna, S.Ip, M.Si beberapa hari lalu dan viral di medsos Instagram @dadangsupriatna hingga ke mancanegara ini menjadikan objek wisata ini dipadati ribuan pengunjung.

Pada hari Sabtu (7/5) saja, pihak managemen dan penjaga tiket kewalahan untuk melayani pembelian tiket, karena terdata ada sekitar 5000 wisatawan antri untuk membeli tiket masuk untuk melintasi Jembatan Gantung Rengganis.

Seorang Wisatawan asal Bekasi, Tiara kepada www.opininews.com, menyatakan meskipun harus anteri tidak masalah demi melihat langsung jembatan terpanjang se Asia tenggara yang tengah viral di medsos.

"Ternyata benar jembatan ini sangat panjang, dan seru, dan saat melintasi jembatan seperti ada goncangan dan jembatan bergoyang seperti ditiup angin dan badai. Ini membuat adrenalin kita bangkit. Namun kita jangan khawatir karena setiap pengunjung yang melintasi jembatan ini menggunakan tali pengaman yang diikat ke pinggang," jelas Wanita Cantik ini.

Manager Operasional Objek Wisata Jembatan Gantung Rengganis, Hendrik Apialawan membenarkan jumlah pengunjung semenjak di Soft Launching oleh Pak Bupati Bandung, Dadang Supriatna, beberapa hari lalu jumlah pengunjung setiap hari meningkat.

"Pada hari Sabtu ini saja, jumlah wisatawan mencapai 5000 orang. Untuk sementara masih di dominasi oleh wisatawan lokal dari Kabupaten Bandung. Karena mereka untuk masuk dapat discount 50 persen dari harga tiket normal Rp 100 Ribu per orang dan Tiket Reguler Rp 75.000 per orang sesuai instruksi Pak Bupati, Dadang Supriatna, dengan syarat harus memperlihatkan KTP Kabupaten Bandung jika ingin dapat discount," jelas Hendrik.

Disebutkan Hendrik, jembatan ini mengalahkan jembatan terpanjang sebelumya yang ada di Sukabumi yang panjangnya hanya mencapai 200 meter lebih. Namun kini jembatan terpanjang se Asia Tenggara ada di Lokasi Objek Wisata Jembatan Gantung Rengganis dengan panjang mencapai 370 meter dengan ketinggian dari permukaan tanah mencapai 80 meter.

Saat berada di jembatan, selain bisa melihat keindahan alam dengan jarak pandang 360 derajat, namun juga bisa melihat kawah Rengganis terasa dari atas awan dan indahnya Kabut serta matahari terbenam dipetang hari.

Ada beberapa aturan untuk melintasi jembatan ini, pengunjung tidak boleh loncat-loncat, wajib menggunakan sabuk pengaman dan harus anteri atau giliran, karena kapasitas jembatan untuk 80 orang.

Bagi para pengunjung yang sudah kelelahan melintasi jembatan ini jangan khawatir, karena pihak managemen telah menyediakan fasilitas resto untuk sekedar ngopi dan makan siang dengan menu Khas Sunda, Korea, Jepang serta eropah.

Harga tiket Rp 100 Ribu ini, termasuk tiket menuju Objek Wisata Situ Patengan dan  Glamping.

( Saufat Endrawan )

Editor: Saufat Endrawan

Bagikan melalui
Berita Lainnya