H. Yoga Santosa, SE: Tujuan Politik Menuju Cita-Cita Luhur

Merebut Kekuasaan Harus Jujur, Bermartabat Demi Rakyat

foto

Saufat Endrawan

Wakil Ketua DPD Golkar Jabar, H. Yoga Santosa, SE

Penulis: H. Yoga Santosa, SE

Opininews.com, Bandung -- Mencapai tujuan politik santun dan terhormat dalam merebut kekekuasaan bisa dilihat hasilnya, diberbagai bidang kemajuan rakyat antara lain di sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur, hukum, HAM, lingkungan hidup, budaya, pertahanan dan keamanan, politik, dan aspek-aspek lain dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Merebut kekuasaan melalui jalan Politik harus Jujur dan bermartabat untuk rakyat.

Dalam ranah politik meraih kekuasaan adalah obsesi politik yang paling tinggi. Karenanya dalam politik kekuasaan terdapat dua aliran besar yang saling berhadapan antara satu dengan yang lainnya.

Pertama, politik kekuasaan dalam pengertian sekedar berkuasa.

Aliran politik seperti ini jelas tidak bisa diharapkan untuk kepentingan kesejahteraan rakyat dimana lembaga politik atau partai politik itu berada.

Artinya politik itu tidak hanya bagaimana meraih kekuasaan dan tidak sekedar politik afiliatif sebagai instrumentnya, karena tujuan politik itu adalah mewujudkan cita-cita yg luhur untuk kepentingan sosial.

Kedua, politik yang dimaksud adalah politik kekuasaan yang bertitik tolak dari definisi politik “who gets what, when and how” (siapa merebut apa, kapan dan bagaimana) dengan demikian politik berkaitan dengan power struggle.

Di sini, para pegiat politik dan para pengurus parpol akan berjuang merebut posisi kekuasaan tertinggi, dalam prosesnya harus dilakukan melalui politik afiliatif dengan berbagai pihak yang dipandang memiliki tujuan yang sama bahwa kekuasaan bukan sekedar berkuasa, melainkan untuk membuat kebijakan politik untuk kepentingan masyarakat luas.

( H. Yoga Santosa, SE / Wakil Ketua DPD Golkar Jabar/ Penasehat PPM/ Balon Bupati Bandung dari Partai Golkar Periode 2020 - 2025 )

Editor: Administrator

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Anang Susanto Berpeluang Ganti Ace Hasan Duduki Kursi DPR RI Periode 2024-2029
Ketua DPRD dan Bupati Tinjau Pleno Rekapitulasi
Dr. H.M. Dadang Supriatna: PKB Ajukan Tiga Nama untuk Duduki Kursi Ketua DPRD Kab. Bandung
Marak Protes Hasil Perhitungan KPU Memperpanjang Jadual Rapat Pleno Rekapitulasi
Partai Besar "Tumbang" Pada Pileg 2024 Puluhan Anggota Dewan Gagal Kembali Duduki Kursi Dewan