Ace Hasan Digadang Gantikan Posisi Menteri Dari Partai NasDem

Anang Susanto Berpeluang Ganti Ace Hasan Duduki Kursi DPR RI Periode 2024-2029

foto

Saufat Endrawan

Anang Susanto - Ace Hasan Syadzily Politikus Partai Golkar

Penulis: Saufat Endrawan

OPININEWS.COM -- KPU RI telah menetapkan pasangan Prabowo - Gibran menjadi pemenang dalam Pilpres 2024.

Kondisi ini dapat berpengaruh terhadap konstalasi politik di daerah juga perubahan posisi Anggota DPR RI dari hasil Pileg 2024.

Misalnya di tubuh Partai Golkar, hasil Pileg 2024, Anggota DPR RI yang terpilih dari Dapil Jabar 2, Ace Hasan Syadzily dan Dadang Naser.

Incumben, Anang Susanto gagal kembali merebut posisi kursi DPR RI untuk periode 2024-2029 karena raihan suara dengan Dadang M. Naser hanya sekitar 375 saja.

Meski hanya meraih suara urutan ke tiga, Anang Susanto berpeluang kembali Menduduki kursi DPR RI menjadi penganti antar waktu (PAW), jika Peraih suara terbanyak hasil Pileg 2024 Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily menjadi dilantik  menteri oleh pemerintahan Prabowo - Gibran yang menang telak pada Pilpres 2024, mengunggul dari.kandidat lainnya pasangan urutan satu Anies - Amin dan urutan nomor tiga, Ganjar - Mahfud MD.

Ace Hasan Syadzili di gadang-gadang akan menempati posisi Menteri Lingkungan Hidup (LHK) yang saat ini masih ditempati Politikus NasDem, Siti Nurbaya.

Artinya, posisi menteri yang akan diduduki Ace Hasan menunggu apakah Partai NasDem akan menjadi opisisi dalam pemerintahan Prabowo - Gibran atau merapat menjadi koalisi, dengan meninggalkan asa dan perjuangan yang tengah dilakukan oleh pasangan Anies - Amin dan Ganjar - Mahfud MD yang yang tengah menggugat hasil Pilpres 2024 di MK juga mengajukan hak Angket terkait dugaan kecurangan KPU kepada DPR RI.

Jika Partai Besutan Surya Paloh konsisten untuk bertahan kepada perubahan, maka NasDem harus menarik Siti Nurbaya untuk melepas Jabatan Menteri.

Pada Pileg 2024, Partai Golkar untuk Dapil Jabar 2 (Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat) hanya berhasil menempatkan dua Anggota DPR ke Senayan yang akan ditempati dua peraih suara terbanyak di Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily 107.704 suara, Dadang M Naser raih 100.690 suara dan urutan ke tiga diraih Anang Susanto 100.315 suara.

Dadang M Naser ungguli Anang Susanto pada Pileg 2024 dengan perbedaan 375 suara.

( Saufa Endrawan, S.Sos - Pengamat Publik Kabupaten Bandung & Jurnalis MNC Media )

Editor: Saufat Endrawan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Yayat Sumirat Duduki Kursi Anggota DPRD Tiga Periode
Kang DS Ajak dan Undang Relawan Bedas untuk Hadir Giat Temu Kangen dan Deklarasi
Asep Ikhsan Tawarkan Graha Wirakarya untuk Posko Pemenangan Dadang Supriatna Pilkada 2024
Acep Ana Kembali Mewakili Dapil 4 Duduk di Kursi DPRD Kab. Bandung
Deklarasi Empat Parpol Mempertegas Pilkada Kabupaten Diikuti Dua Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati