Longsor Di Pasirjambu Rusak Rumah dan Alam

Geo Dipa Energi Perbaiki Akses Jalan Akibat Longsor

foto

Saufat Endrawan

Geo Dipa Energi Perbaiki Jalan Rusak Akibat Longsor di Pasirjambu

Opininews.com, Bandung -- PT. Geo Dipa Energi (Persero) melakukan penanganan longsor di jalan penghubung dua wilayah Kabupaten Bandung dengan Cianjur Selatan yang terjadi akibat hujan deras pada Senin ( 06/06/2021) kemarin.

Upaya tersebut merupakan bagian dari Kepedulian GeoDipa untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat sekitar wilayah operasional Perusahaan.

General Manager GeoDipa Unit Patuha, Ilen Kardani kepada www.opininews.com, menjelaskan, penanggulangan jalan longsor itu dilakukan, mengingat akses jalan tersebut sangat  dibutuhkan masyarakat Perkebunan di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung.

"Kami perbaiki jalan tersebut. Karena akses jalan tersebut dipastikan akan bermanfaat sebagai akses yang dibutuhkan sekitar 7.500 Kepala Keluarga. Dengan kegiatan ini, kami ingin maju bersama masyarakat sekitar dari segi ekonomi. Oleh karena itu kami berusaha memenuhi kebutuhan dari hal yang mendasar, yaitu jalan akses untuk kegiatan perekonomian masyarakat,” ujar Ilen.

Penanganan jalan longsor ini juga merupakan program berkelanjutan dari program serupa pada tahun sebelumnya.

GeoDipa lanjutnya telah melakukan perbaikan jalan sepanjang 10 KM di tahun 2015. kemudian pembetonan jalan total sepanjang 3 KM di tahun 2016, 2017 dan 2018 yang berada di Desa Alamendah dan Desa Sugihmukti, serta perbaikan Tembok Penahan Tanah pada tahun 2020 dan 2021.

Selain itu juga telah melakukan perawatan median jalan dan drainase secara rutin melalui Program Padat Karya untuk memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat sekitar secara bergilir serta bersama pihak-pihak terkait secara rutih telah melakukan kegiatan penanaman Pohon di kawasan rawan longsor dengan harapan kejadian serupa tidak terulang di masa mendatang. 

Menurut Ilen, kegiatan ini merupakan langkah nyata kepedulian GeoDipa dalam peningkatan ekonomi serta produktifitas masyarakat. "Melalui upaya ini diharapkan memberikan perbaikan kualitas hidup masyarakat untuk saat ini dan generasi mendatang," ungkap dia.

( Saufat Endrawan )

Editor: Saufat Endrawan

Bagikan melalui
Berita Lainnya