Dr. H.M. Dadang Supriatna, S.Ip, M.Si Pimpin Rapat Penaggulangan Bencana Alam Kekeringann

Bupati Desak BPBD dan Damkar Siaga Menghadapi Bencana Alam di Kab. Bandung

foto

Saufat Endrawan

Dr. H.M. Dadang Supriatna, S.Ip, M.Si - Bupati Bandung

Opininews.com, Bandung – Menghadapi kekeringan dampak Fenomena alam El Nino, Bupati Bandung, Dr. H.M. Dadang Supriatna, Selasa (5/8) dengan cepat mengambil langkah dengan menggelar rapat pembahasan antisipasi musibah dan penanganan Bencana Alam, bersama para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Kabupaten Bandung.

“Rapat ini yang digelar pentingnya kesiagaan dalam menghadapi kemarau panjang dan dampak kekeringan akibat fenomena alam El Nino,” kata Bupati kepada www.opininews.com, di Bandung, Selasa (5/8).

Diakui orang nomor satu di Kabupaten Bandung, dirinya telah meninjau langsung beberapa titik yang terdampak kekeringan di Kabupaten Bandung, seperti Kecamatan Pangalengan, Cicalengka, Cikancung, dan Kertasari. serta Kecamatan Baleendah.

“Melihat kondisi ini, saya menginstruksikan kepada Perumda Air Minum Tirta Raharja untuk melakukan strategi buka-tutup jaringan debit air, serta melaporkan secara berkala kepada publik agar masyarakat tidak terkejut. Tidak hanya itu, agar tidak ada kenaikan tarif air bersih dari PDAM saat ini. Perumda Air Minum Tirta Raharja diharapkan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk membentuk tim persiapan status siaga bencana sebagai langkah antisipasi terhadap potensi dampak kemarau lainnya,” tegas Alumni Program Doktor Universitas Trisakti Jakarta ini.

Bupati juga ingin ada kanal khusus untuk menampung laporan masyarakat terkait dampak kemarau di Kabupaten Bandung.

“Saya meminta aplikasi khusus tentang pengaduan masyarakat terkait informasi kondisi saat ini, contohnya tentang kebakaran, OPD terkait harus bersiaga. Aplikasi tersebut harus berisi tentang pengaduan atau kondisi darurat di Kabupaten Bandung dan harus responsif,” tegas Bupati Bandung.

Untuk mendukung hal tersebut, Bupati, menekankan tentang pentingnya kesiagaan semua instansi terkait, terutama Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkar) Kabupaten Bandung serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Pemerintah Kabupaten Bandung harus berkomitmen untuk melindungi dan melayani masyarakat dalam menghadapi berbagai tantangan yang mungkin timbul, terutama selama musim kemarau ini,” tegas Bupati.

( Saufat Endrawan )

Editor: Saufat Endrawan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Korban Longsor Pacet Bahagia Dapat Kabar Bupati Dadang Supriatna Bantu Perbaikan Rumah yang Rusak
Warga Arjasari Ingin Dadang Supriatna menjabat Bupati Hingga tahun 2029
Abdul Rouf: BAZNAS Kab. Bandung Gulirkan Program 50 Unit Z-Mart
Kang Asray Menilai Keputusan Tepat PAN Bergabung dengan Koalisi Bedas untuk Pilkada 2024
Gambar Dadang Supriatna Terpampang di Mobil Truk