Hasil Operasi JARAN Alami Peningkatan

Polda Jabar Ringkus 249 Pelaku Curanmor

foto

Saufat Endrawan

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Erdi Ardimulan Chaniago Beberkan Keberhasilan Anggota Polda Jabar dalam Mengungkap Kasus Curanmor. (Abah Ofik/www.opininews.com)

Opininews.com, Bandung -- Dalam dua pekan sebanyak 249 orang pelaku Curanmor (pencurian kendaraan bermotor) berhasil diringkus Polda Jabar dan jajaran Polres/Polresta.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Erdi Adrimulan Chaniago, kepada www.opininews.com, di Bandung, Kamis (4/3) menuturkan, mulai tanggal 22 Februari 2021 hingga 2 Maret 2021 di wilayah hukum Polda Jabar telah melakukan operasi JARAN, dengan sasaran operasi pencurian kendaraan bermotor dan penadah hasil kejahatan Curanmor.

"Tersangka yang kita tangkap, 37 diantaranya merupakan target operasi dan sisanya 212 adalah non target operasi. Sedangkan jumlah barang bukti yang kita amankan sebanyak 342 unit kendaraan, terdiri dari R2 322 unit, R4 19 unit dan R6 satu unit," jelas Erdi.

Adapun modus operandi yang dilakukan oleh para tersangka, lanjut Erdi, adalah dengan menggunakan konci T (astag) dan membobol kunci jendela atau rumah. Ada juga dengan modus perampasan atau begal dengan menggunakan senjata tajam dan senjata api.

Menurut Erdi yang lulusan Akpol 1992 (Pratisara Wirya), para pelaku paling banyak melakukan aksinya antara pukul 24.00 hingga pukul 06.00.

Adapun yang menjadi sasaran mereka adalah teras dan garasi tempat kontrakan, pinggir jalan dan tempat parkir fasilitas umum.

"Kepada para tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman 7 tahun penjara, pasal 365 KUHPidana dengan ancaman 9 tahun, dan Pasal 480 KUHPidana untuk para penadah dengan ancaman penjara 4 tahun," jelas Erdi.

Erdi menghimbau kepada masyarakat,  yang merasa kehilangan kendaraan dipersilahkan datang ke polres setempat.

"Kami akan membantu masyarakat yang kehilangan kendaraannya, tentunya dengan membawa bukti-bukti kepemilikan. Kami akan bantu untuk pinjam pakai," tandas Erdi.

Jika dibandingkan dengan tahun 2020, hasil operasi JARAN 2021 mengalami peningkatan. Wilayah Polres Bogor adalah yang paling menonjol dalam jumlah LP (laporan kepolisian).

( Abah Ofik )

Editor: Saufat Endrawan

Bagikan melalui
Berita Lainnya