Wagub Berharap Bupati Bandung, H.M. Dadang Supriatna, S.Ip, M.Si dan Wakilnya H. Sahrul Gunawan, SE

Wagub Jabar Berharap Tiga Kepala Daerah di Jabar Segera Dilantik

foto

Saufat Endrawan

Wabu Jabar Berharap H.M. Dadang Supriatna, S.Ip, M.Si dan H. Sahrul Gunawan, SE Segera Dilantik Jadi Bupati dan Wakil Bupati Bandung Periode 2021 - 2026.

Opininews.com, Bandung -  Wakil Gubernur Jawa Barat,  Uu Ruzhanul Ulum menyatakan Pemprov Jabar mendorong percepatan pelantikan tiga kepala daerah antara lain Kabupaten Bandung, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Cianjur.

"Percepatan pelantikan ketiga kepala daerah tersebut sangat dibutuhkan Pemprov Jabar. Oleh karena itu, kami mendorong agar Bupati Bandung, Bupati Cianjur dan Bupati Tasikmalaya terpilih, harus segera membereskan urusan administrasi di tingkat bawahnya. Jika di tingkat bawahnya sudah beres, segera kirimkan kepada kami tingkat provinsi, dan insya Allah kami akan mendorong ke Kementerian Dalam Negeri untuk segera dilakukan pelantikan. Karena kami juga butuh," ucap Wagub Jabar didampingi Bupati Bandung terpilih HM Dadang Supriatna, di Desa Narawita, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Senin (22/3/21).

Wagub mengakui hingga kini pihaknya belum menerima surat dari Kemendagri untuk pelantikan ketiga kepala daerah di Jabar.

Sekalipun surat Kemendagri sudah masuk ke Pemprov Jabar, jelas Uu, tapi urusan administrasi di bawahnya belum selesai,  maka surat Kemedagri tersebut tidak bisa segera ditindaklanjuti. 

"Karena ini tinggal masalah administrasi kenegaraan, tidak bisa kita seenaknya mengajukan. Ada norma dan normatif yang harus dipenuhi dari setiap pasangan calon terpilih," jelas Uu.

Ditanya apa pelantikan bisa digelar pada akhir Maret ini, menurut Uu hal itu pun tergantung dari pemerintah daerah.

"Kalau urusan administrasi di tingkat pemerintahan kabupaten sudah selesai, saya kira kita tidak akan lama lagi bisa diajukan untuk segera dilakukan pelantikan," jelasnya.

Pemprov Jabar pun, tandas Wagub Jabar, membutuhkan kepala daerah yang memiliki legalitas definitif untuk melangkah menuju Jabar Juara. 

"Kami juga butuh pemimpin daerah yang memiliki legalitas definitif. Ini dalam rangka kerja ke depan seperti penggunaan dana APBD untuk pelaksanaan pembangunan dan mutasi para pejabat pemerintah daerah. Itu sangat dibutuhkan kepala daerah definitif," kata Wagub Jabar.( Saufat Endrawan )

Editor: Saufat Endrawan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Dadang Supriatna Imbau Tidak Kirim Karangan Bunga Pada Pelantikannya Menjadi Bupati Bandung
Bukti Nyata Bupati Bandung Lakukan Normalisasi Sungai Citarik
Anang Susanto Dukung Bupati Bandung Bangun Rumah Sakit di Kertasari
Ahmad Najib Qodratullah Sikapi Petisi Gaji - 13 ASN 2021 Lebih Kecil Dari UMR Jakarta
Kampung Tangguh Lintas Agama Dicanangkan di Jakarta