H.M. Dadang Supriatna Launching Normalisasi Sungai Citarik

Bukti Nyata Bupati Bandung Lakukan Normalisasi Sungai Citarik

foto

Saufat Endrawan

Bupati Bandung H.M. Dadang Supriatna, S.Ip, M.Si Memimpin Pengerukan Sungai Citarik Penyebab Banjir Bandung Timur

Opininews.com, Bandung  -- Keluhan Warga Cicalengka dan sekitarnya terdampak banjir yang berharap Sungai Citarik di normalisasi akhirnya terwujud disaat Bupati Bandung di Jabat H.M. Dadang Supriatna, S.Ip, M.Si.

Bupati Bandung HM Dadang Supriatna me-launching pengerukan normalisasi Sungai Citarik dan anak-anak sungainya di Desa Panenjoan, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Sabtu (1/5/2021)

Aksi Dadang Supriatna  turun ke lapangan ini merupakan salah satu gebrakan di masa awalmenjabat Bupati Bandung.

Terlebih lagi sungai itu sudah 25 tahun tidak mendapatkan pemeliharaan sehingga mengalami sedimentasi atau pendangkalan.

Launching pengerukan Sungai Citarik yang merupakan anak Sungai Citarum ini juga merupakan peluncuran Program 99 Hari Kerja Bupati dan Wakil Bupati Bandung Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan (Pasangan Bedas), dalam upaya menekan banjir akibat luapan air sungai yang mengalami sedimentasi.

Bupati Bandung kepada www.opinews.com, mengatakan,  pengerukan Sungai Citarik ini dilakukan oleh stakeholder terkait antara lain Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Bandung, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, yang mencakup wilayah Kecamatan Cicalengka, Cikancung, Rancaekek, dan Kecamatan Dayeuhkolot.

"Panjang sungai kurang lebih 10 kilometer, yang dia kilometer diantarnya dikerjakan BBWS Citarum dan delapan kilo lagi oleh DPUTR Kabupaten Bandung yang dibiayai APBD, dan masyarakat secara swadaya," kata bupati usai launching pengerukan.

Dadang Supriatna menambahkan, selain dibantu swadaya masyarakat, pihaknya juga akan mengajak masyarakat agar perusahaan yang ada di Kabupaten Bandung untuk bisa membantu. Karena kondisi APBD kita sudah berjalan dan terbatas alokasinya, sehingga saya minta kerjasamanya dari para pengusaha yang ada di sekitar Sungai Citarik untuk bisa bersama-sama membantu pengerukan ini.

Kang DS, sapaan Dadang Supriatna menyatakan kegiatan ini bukan sekadar launching pengerukan, namun Ia  akan terus mengecek progres pengerjaannya di lapangan.

"Saya akan pantau terus menerus  minimal seminggu sekali turun langsung ke lapangan untuk melihat perkembangan dan untuk kita evaluasi," tandasnya.

Dadang Supriatna, optimis upaya ini akan sukses mengendalikan banjir.

"Jika pun tidak menyelesaikan banjir, minimalnya kita bisa menekan atau meminimalisir dampak banjir akibat luapan air sungai ke jalan dan permukiman warga," jelaa Kang DS.

Pengendalian banjir di Kabupaten Bandung merupakan janji kampanye Pasangan Bedas di Pilkada Kabupaten Bandung 2020.

"Saya akan buktikan untuk memenuhi janji politik saya. Insya Allah bukan sekedar ceremony," tandas Kang DS.

( Saufat Endrawan )

Editor: Saufat Endrawan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Ahmad Najib Qodratullah: Berharap Kepada Bupati Untuk Pertahankan Program yang Sudah Baik
Kampung Tangguh Lintas Agama Dicanangkan di Jakarta
Polresta Bandung Gelar Pra Larangan Mudik
Dua Sahabat Lama Kapolda Jabar dan Bupati Bandung Terpilih saling Bertemu Bahas Kabupaten Bandung Kedepan
Anang Susanto Dukung Bupati Bandung Bangun Rumah Sakit di Kertasari