1.200 Warga Kab. Bandung Bekerja di Korea Selatan

Bupati Bandung dan Bupati Bayeo Korsel Jalin Kerjasama

foto

Saufat Endrawan

Bupati Bandung dan Bupati Bayeo Korsel Jalin Kerjasama di Dampingi Sekda Cakra Amiyana dan Kadis PUTR Kab. Bandung di Korea Selatan, Selasa (4/10)

Opininews.com, Korsel -- Bupati Bandung, H.M. Dadang Supriatna beserta rombongan diantaranya Sekda, Cakra Amiyana, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bandung, H.U. Rukmana serta Kadis PUTR Kabupaten Bandung, dan rombongan kesenian asal Kabupaten Bandung Ki Dalang Rafly Sunandar Sunarya menghadiri undangan kegiatan Baekje Cuktural Festival ke-68 di Korea Selatan.

"Saya sudah sepekan memenuhi undangan dan menghadiri kegiatan Baekje Cultural Festival ke-68 di Korea Selatan, setelah mendapatkan ijin tugas dari Kementerian Dalam Negeri dalam rangka menghadiri undangan tersebut," jelas Bupati Bandung, Dadang Supriatna kepada www.opininews.com, di Korea Selatan, Selasa (4/10).

Hari ini, kata Dadang Supriatna,  melakukan kegiatan, bertemu dengan Park Jung Hyun, Bupati Bayeo, Korea Selatan. "

"Saat pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh kekeluargaan kami saling bertukar pikiran dan berdiskusi serta menjalin kerjasama pada bidang-bidang yang merupakan potensi unggulan," jelas Dadang Supriatna.

"Alhamdulilah Bupati Bayeo Mr. Park Jung Hyun tertarik dengan banyak potensi di Kabupaten Bandung. Hasil dari pertemuan ini, antara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bayeo lakukan kerjasama atau melakukan MOU," ungkap Bupati Bandung.

Dituturkan Bupati, kunjungan kerja ini bertujuan memperkenalkan seni wayang golek kepada dunia internasional di Korea Selatan.

Dalam festival ini, tegas Dadang Supriatna, Kabupaten Bandung menampilkan kesenian wayang golek dengan pimpinan Dalang Rafly Sunandar Sunarya (putu Giri Harja 3) yang digelar dari tanggal 29 September hingga 5 Oktober 2022.

Selain memperkenalkan kebudayaan Wayang Golek kepada dunia internasional, kunjungan kerja ini juga bertujuan menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah maupun Lembaga di Korea Selatan pada bidang-bidang yang merupakan potensi unggulan Kabupaten Bandung.

Hubungan Indonesia, khususnya Kabupaten Bandung dengan Korea Selatan, kata bupati sudah terjalin sejak lama. Di antaranya, dalam pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Bandung ke Korea Selatan.

Ada sekitar 1.200 Orang Pekerja Migran asal Kabupaten Bandung yang bekerja di Korea Selatan.

Sebelumnya, tambah Dadang, pada tanggal 27 Januari 2022 lalu, Saya resmi telah melepas 26 calon PMI yang bekerja di Korea Selatan. Tahun ini ungkapnya, ada 60 orang yang berangkat ke Korea Selatan, untuk menjadi pekerja migran.

Para pekerja migran yang dikirim in, kata Bupati merupakan tenaga terampil yang memiliki skill sesuai kompetensi yang dibutuhkan di Korea Selatan dan mereka memperoleh penghasilan yang layak bahkan relatif lebih besar dibanding bekerja di negara lain

"Saya berharap dengan melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan dapat memberikan efek postif bagi masyarakat Kabupaten Bandung. Dan berdampak kepada kemajuan perekonomian," harap Bupati.

"Saya berharap kerjasama antara Kabupaten Bandung dengan Korea Selatan, terjalin dan berlangsung lama khususnya dalam pengiriman pekerja migran. Juga pada sektor lainnya. Kami juga tengah melakukan penjajakan kerja sama lainnya, karena Korea Selatan sebagai salah satu negara maju di Asia dan hampir produk elektronik hingga kendaraannsudah menjamah berbagai negara di dunia seperti, Samsung, Hyundai, Kita serta banyaknlainnya," tutur Bupati Bandung.

( Saufat Endrawan ) 

Editor: Saufat Endrawan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Mendagri Tito Karnavian Berikan Ucapan Selamat Kepada Bupati Bandung, H.M. Dadang Supriatna
Ace Hasan: Santri Harus Siap Jadi Anggota Dewan, Menteri dan Presiden
Bupati Dadang Supriatna dan Wakil Ketua KPK Menjadi Nara Sumber Seminar Nasional
KPK Meminta Dadang Supriatna Jadi Nara Sumber di Hari Anti Korupsi Sedunia Tingkat Jabar
Ferry Mursyidan Baldan Meninggal Dunia